Better You

Cara Memiliki Payudara Sehat

  by: Redaksi       18/3/2015
  • Ladies, Anda pasti sudah tahu kalau payudara adalah aset penting dari tubuh seorang wanita. Memiliki payudara yang sehat tidak hanya menggambarkan kecantikan tetapi juga kepedulian seorang wanita terhadap tubuhnya. Untuk merawatnya, coba beberapa tip Cosmo berikut.

    Pola Makan Sehat

    Apa yang Anda konsumsi akan mempengaruhi kesehatan Anda. Hal itu juga berlaku pada payudara. Agar memiliki payudara yang sehat, Anda harus menerapkan pola makan yang sehat pula. Dokter menyarankan untuk mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi serat setiap harinya.



    Tidak hanya itu, sayur dan buah juga menjadi menu wajib bagi wanita. Sayur brokoli dan bayam, serta buah delima dan blueberry sangat baik untuk kesehatan payudara. Menurut penelitian, mengurangi konsumsi junk food dan makanan berproses dapat mencegah penyakit kanker payudara.

    Jaga Berat Badan


    Waspadalah bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih. Menurut Harold Freeman, M.D., Presiden dan Pendiri Ralph Lauren Center for Cancer and Prevention di New York, Amerika Serikat, wanita dengan obesitas akan lebih rentan terhadap kanker payudara.

    Tidak hanya itu, wanita obesitas yang telah terkena kanker payudara juga lebih sulit untuk sembuh. Untuk menjaga berat badan ideal, pastikan untuk berolahraga ringan selama minimal 45 menit hingga satu jam setiap hari.

    Dengan menjadi lebih aktif, Anda juga akan “memancing” tubuh untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta menurunkan kadar estrogen dan insulin.

    Pilih Bra yang Tepat

    Tahukah Anda bahwa 85% wanita salah memilih bra? Tidak menutup kemungkinan Anda adalah salah seorang diantaranya. Padahal memakai bra dengan ukuran yang tepat penting untuk mendukung kesehatan payudara Anda.

    Tidak hanya membuat bentuk payudara tetap terjaga, memakai payudara dengan ukuran yang tepat juga mengurangi rasa sakit dan pegal di bahu dan leher.

    Sesekali Terapkan “No Bra Day”

    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Franche-Comté di Prancis menemukan bahwa bra tidak memberikan manfaat apa pun bagi beberapa wanita. Bahkan, beberapa payudara wanita yang memakai bra menjadi “melorot” rata-rata lebih dari 7mm dibandingkan mereka yang tidak memakai bra.

    Kalau Anda masih belum berani keluar rumah tanpa bra, coba terapkan untuk tidak memakai bra saat tidur. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah bernafas dan bergerak selama tidur sehingga tidur pun menjadi nyenyak.



    Breast Check Setiap Bulan

    Melakukan breast check setiap bulan sangat penting untuk deteksi dini kanker payudara. Saat yang paling tepat untuk melakukannya adalah 5 sampai 7 hari setelah menstruasi, ketika payudara tidak lagi mengeras, membesar, atau nyeri.

    Jika menemukan benjolan di payudara atau ketika bentuk payudara berubah lebih baik segera periksa ke dokter.

     

    Baca juga:

    7 Cara Merawat Payudara

    5 Kebiasaan yang Dapat Mengubah Ukuran Payudara

    Asupan Sehat Untuk Payudara

     

    (Hana Devarianti/VP/Image: Wavebreakmedia Ltd/Wavebreak Media/Thinkstock)