Better You

Jadilah Sang Pengendali Percakapan

  by: Silvya Winny       18/3/2015
  • Kala terlibat dalam suatu percakapan, kerap terlintas perasaan takut ditolak atau kurang  dihargai. Hantam ketakutan tersebut dengan strategi komunikasi andal, agar semuanya bisa Anda kendalikan. Nah, bila Ingin menjadi pembicara yang andal, maka Anda wajib mengenali tanda-tanda ini. Ini dia yang membuat Anda berbeda. Tilik sembari koreksi diri!

    Tatapan Mata
    Terapkan taktik ini saat Anda sedang meyakinkan seseorang. Tatap langsung mata lawan bicara Anda dan luluhkan pendiriannya lewat tatapan mata. Seketika fenomena psikologis pun akan muncul! Tatapan mata yang tidak fokus serta memandang ke segala arah justru akan menunjukkan kelemahan Anda.

    Napas
    Napas yang tersengal-sengal dan cenderung pendek adalah tanda orang yang sedang gugup. Maka, atur pola napas dengan baik ketika Anda berbicara. Tarik napas dalam-dalam sebelum mulai dapat memberi ketenangan pada Anda dengan cepat dan berpikir pun jadi lancar.



    Getar Suara
    Ketegangan yang berlebihan dapat memacu detak jantung dan bisa mempengaruhi getar suara Anda. Tak heran, bila sedang gugup Anda berbicara dengan suara bergetar.



    Bahasa Tubuh
    Tubuh tegang, kaku, mengayunkan kaki, memainkan jari, tak salah lagi! Itu tanda yang sangat kentara kalau Anda sedang gelisah. Boleh saja tegang, asal cukup Anda saja yang tahu. Segera sembunyikan! (Silvya Winny / FB / Wavebreakmeia Ltd / Thinkstock)