Better You

Ternyata Musik Bermanfaat Bagi Kesehatan, Lho!

  by: RedaksiCosmopolitan       19/3/2015
  • Mungkin tidak banyak yang mengira kalau musik yang tiap hari Anda dengarkan saat beraktivitas ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa saja, ya?

    1. Menghilangkan Stres
    Saat Anda sedang banyak pikiran, mendengarkan musik dapat mengendalikan kinerja jantung dan juga menekan hormon kortisol. Seperti yang diketahui, kortisol adalah hormon yang dapat memicu stres sehingga dengan mendengarkan musik Anda dapat membantu meredakan stres.

    2. Mengurangi Rasa Sakit
    Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien pasca operasi yang mendengarkan musik, ditemukan bahwa mereka hanya membutuhkan dosis obat penahan rasa sakit yang lebih rendah dibanding dengan pasien yang tidak mendengar musik. Walau belum bisa dipastikan apa faktor penyebabnya, tapi saat mendengarkan musik terjadi proses pelepasan dopamin yang memberikan rasa bahagia bagi pendengarnya.



    3. Mempertajam Ingatan
    Dengan mendengarkan musik ternyata Anda dapat melatih otak secara kognitif yang tidak hanya membuat pikiran menjadi lebih tajam tapi juga menghindarkan Anda dari kepikunan.



    4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Saat mendengarkan musik dengan tempo yang lambat dan juga menenangkan, ternyata tubuh manusia meresponnya dengan peningkatan antibodi yang penting bagi sistem imunitas tubuh.


    5. Membantu Saat Berolahraga
    Berolahraga sambil mendengarkan musik yang bertempo cepat ternyata memberikan pengaruh positif pada tubuh yang memanfaatkan oksigen lebih efisien ke seluruh tubuh. Selain itu, peneliti di bidang olahraga juga menyatakan bahwa musik memiliki peranan penting untuk menambah semangat dan menghilangkan kekakuan pada tubuh yang menjadi faktor penting saat berolahraga. (Eunike Freskanta/IR/Image: gpointstudio/iStock/Thinkstockphoto)