Beauty

Tip Melindungi Kulit dari Ganasnya Matahari!

  by: Adya Azka       24/3/2015
  • Memakai tabir surya memang mudah, namun memilih yang tepat tidaklah semudah mengenakannya. Inilah beberapa saran agar kulit Anda tetap terjaga keindahannya walau matahari terik bersinar.

    Sebetulnya menggunakan tabir surya justru berbahaya kaena sinar matahari bisa meningkatkan produksi vitamin D di tubuh.
    Salah. American Academy of Dermatology menyarankan untuk mendapatkan Vitamin D dari makanan dan suplemen, bukan dari berjemur di bawah matahari. Berada di bawah matahari selama beberapa menit tanpa tabir surya sebenarnya justru menurunkan jumlah Vitamin D di tubuh karena radiasi sinar UV akan mengurai Vitamin D tersebut.

    Mana yang lebih baik dalam melindungi kulit: tabir surya lotion atau semprot ?
    Keduanya mampu melindungi kulit, tapi lotion seperti Nivea Daily Sun Protection SPF 25 lebih disarankan karena banyak orang yang tidak menyemprotkan dengan rata, sehingga ada beberapa bagian yang luput seperti belakang telinga dan kulit disekitar baju renang. Jika ingin menggunakan tabir surya semprot, coba semprotkan ke telapak tangan terlebih dahulu lalu oleskan di kulit.



    Foundation sudah mengandung tabir surya. Itu berarti kita tak perlu lagi menggunakan tabir surya jika menggunakan foundation.
    Biasanya kandungan SPF di foundation sangat minim, dan umumnya wanita menggunakan foundation tipis-tipis agar hasilnya alami. Ini artinya wajah tidak terlindungi oleh tabir surya yang ada di dalamnya dengan menyeluruh. Coba gunakan BB/CC Cream karena mengandung tabir surya yang tinggi, antioksidan serta warna yang langsung menyatu dengan kulit, sehingga dengan satu produk Anda dapat melindungi kulit sekaligus membuatnya nampak lebih mulus.



    Percuma pakai tabir surya saat olahraga outdoor karena pasti cepat luntur oleh keringat.
    Gunakan tabir surya semprot yang oil free seperti Banana Boat Ultramist Sport SPF 50 karena mampu menempel di kulit dengan lebih baik dibanding lotion. Manfaat lain, menurut The Journal Sports Medicine and Physical Fitness, tabir surya dapat menjaga temperatur tubuh jadi lebih rendah saat berolahraga sehingga tubuh tak merasa terlalu panas.

    Tabir surya selalu membuat wajah sangat berminyak, bahkan jadi berjerawat!
    Pilih tabir surya dalam bentuk lotion yang sangat ringan dan hindari tabir surya yang mengandung bahan-bahan pelembap yang berat seperti mineral oil dan petrolatum karena bahan-bahan tersebut sangat berminyak, bahkan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Gunakan tabir surya yang oil free (bebas minyak) dan non comedogenic (tak menyebabkan komedo/jerawat). Pilih juga tabir surya yang matte, karena langsung meresap di kulit tanpa membuat kulit berminyak seperti L’Oreal UV Perfect Mat SPF 30 / PA +++. (Ardi S./AP/Image: various)