Better You

5 Alasan Mengejutkan Anda Terserang Stres

  by: Redaksi       24/3/2015
  • Anda sering mempertanyakan dari mana stres berasal? Ya, kadang Anda berpikir asalnya dari pekerjaan kantor yang rumit saja. Nope, dear. Cosmo temukan alasan lainnya!

    Stres Orang Lain

    Ternyata stres itu bisa menular lho, ladies. Berdasarkan yang Cosmo lansir dari sebuah penelitian di Jerman, ternyata pada saat seseorang menceritakan masalah mereka kepada Anda, ada kemungkinan Anda akan ikut-ikutan memikirkan masalah serupa. Semisal ketika seseorang menceritakan traumanya pada kecelakaan yang dialami, Anda mulai memikirkan bagaimana kalau hal itu terjadi pada Anda.



    Media Sosial

    Pernah tidak merasa iri ketika melihat foto liburan teman Anda yang terpampang di Instagram? Nah, ini bisa jadi pemicu stres Anda. Hal ini didukung dengan penelitan yang dilakukan Pew Research Center. Mereka menemukan bahwa emosi para pengguna media sosial dapat terpicu dengan hanya melihat timeline dari pengguna lain. Ouch!

    Masa Kanak-kanak

    Trauma masa kecil ternyata dapat berlanjut hingga Anda dewasa dan memengaruhi tingkat stres Anda. Why? Karena masa kecil adalah saat di mana Anda mengolah stres dan emosi. Lingkungan Anda dibesarkan pun memiliki peran sangat besar atas stres yang Anda alami saat ini, lho.



    Teh & Coklat

    Yup, kafein bukan saja terdapat pada kopi tetapi juga pada teh dan coklat. Bahkan kandungan kafein yang terdapat pada keduanya juga hampir menyamakan kadar pada kopi. Akibatnya? Gangguan tidur yang dapat menghasilkan stres pun dapat menimpa Anda.

    Ekspektasi

    Ekspektasi memang dapat membuat Anda termotivasi mencapai sesuatu. Tetapi ingat, ya, pemikiran realistis juga harus tetap ditanamkan. Karena ketika Anda telah memasang harapan lebih dan ternyata kenyataan tidak sesuai dengan ekspektasi, Anda hanya akan bertemu pada kekecewaan. Garis akhirnya dari hal ini adalah stres hingga depresi. (Aulia Meidiska/SW/Image: Alliance/iStock/Thinkstock)