Love & Sex

Ketahui Hal Ini Sebelum Berkencan dengan Rekan Kerja

  by: Redaksi       24/3/2015
  • “Cinta lokasi” dengan kolega memang kerap terjadi. Menurut survei yang dilakukan oleh CareerBuilder, sebanyak 40 persen karyawan pernah berkencan dengan rekan kerja mereka. Bahkan, 31 persen diantaranya berhasil naik ke pelaminan. Ini menandakan berkencan dengan rekan kerja bukan hal yang tabu lagi. Supaya hubungan dapat berjalan dengan mulus, ketahui hal-hal di bawah ini untuk memastikan agar mengejar cinta tidak akan mengganggu karier Anda.

    Hindari Berkencan degan Atasan



    Menurut survei CareerBuilder, 24 persen dari hubungan intra-kantor terjadi dengan seseorang lebih tinggi dalam organisasi. Padahal Dana Brownlee, presiden perusahaan profesional pengembangan pelatihan Profesionalisme Matters, menyarankan untuk tidak memulai hubungan asmara dengan manajer atau atasan yang berhubungan langsung dengan pekerjaan Anda. Hal ini karena akan timbul lingkungan kerja yang bias dan dapat mengganggu profesionalisme di kantor.

    Tahu Peraturan Kantor

    Sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan dengan rekan kerja, sebaiknya Anda telah mengetahui peraturan kantor. Beberapa kantor memiliki peraturan yang ketat terkait dengan hubungan asmara intra-kantor. Anda dan pasangan harus memahami batasan yang ditentukan kantor serta konsekuensi dari hubungan yang dijalani.

    Saat Jam Kerja, Pekerjaan Selalu yang Utama

    Jika Anda dan si dia memutuskan untuk memiliki hubungan serius, sebaiknya siapkan beberapa aturan dasar. Hal ini agar tidak menganggu profesionalisme selama di kantor. Saat sedang jam kerja, lebih baik menjaga jarak dengan pasangan dan hindari membuat gestur romantis. Anda harus selalu mengingat untuk selalu mendahulukan pekerjaan selama jam kerja masih berlangsung.



    Pertimbangkan Kemungkinan Terburuk

    Kemungkinan hubungan tidak berhasil akan selalu ada dan Anda harus memperhitungkan hal tersebut. Pertimbangkan seberapa banyak Anda harus terus harus bekerja dengan si dia setelah hubungan berakhir. Bersikap canggung dengan mantan selama di kantor tentu bukan hal yang menyenangkan bagi siapapun.

    Waspadai Jadi Bahan Gosip Kantor

    Suka atau tidak, menjalin hubungan asmara dengan rekan kerja pasti akan menimbulkan gosip di kantor. Si tukang gosip tidak jarang akan membicarakan hubungan Anda dan pasangan saat istrahat makan siang. Hal ini akan membuat hubungan seperti tidak memiliki privasi. Untuk menghindari gosip tersebut, pastikan Anda dan pasangan selalu bertindak profesional di kantor. (Hana Devarianti/VP/Image: Fuse/iStock/Thinkstock)