Better You

Benda Ini Ternyata Lebih Kotor Dari Dudukan Toilet!

  by: RedaksiCosmopolitan       25/3/2015
  • Seringkali Anda tak menyadari bahwa benda-benda yang sering digunakan berikut ini ternyata menyimpan lebih banyak kuman daripada dudukan toilet. Tidak percaya? Baca selengkapnya di bawah ini.

    1. Handphone

    Coba bayangkan, dear. Gadget yang tidak bisa lepas dari tangan Anda itu ternyata mengandung kuman yang bisa menyebabkan sakit perut. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa ada sekitar 140 kuman staphylococcus di telepon genggam Anda, sedangkan di dudukan toilet hanya ada 20. Belum lagi ternyata sekitar 80% orang mengaku menggunakan handphone saat sedang di toilet.



    2. Remote TV

    Tak pernah terbayangkan oleh Anda bahwa ternyata remote TV yang sering digunakan lebih kotor dari pada dudukan toilet. Penelitian di UNICEF menemukan bahwa kuman yang ada di remote TV rata-rata berjumlah 7.863 bakteri per 100 cm persegi, sedangkan di dudukan toilet hanya 1.600 bakteri per 100 cm persegi.


    3. Keyboard Komputer

    Ayo mengaku, pasti Anda sering ngemil sambil mengetik pekerjaan di kantor, kan? Duh, jangan lagi ya, dear. Karena ternyata keyboard komputer memiliki kuman 5 kali lebih banyak dari dudukan toilet, lho. Hal ini dikarenakan jarang ada orang yang mencuci tangannya sebelum dan setelah menggunakan keyboard komputer.



    4. Gagang Keran

    Ternyata gagang keran kamar mandi memiliki bakteri 21 kali lebih banyak dari toilet. Dan yang lebih parah lagi adalah keran yang ada di dapur memiliki bakteri 44 kali lebih banyak dari toilet. Hal ini dikarenakan gagang keran memang selalu bersentuhan dengan tangan yang kotor dan jarang dibersihkan. Agar tangan Anda tidak kotor lagi setelah mencuci tangan, ada baiknya jika gagang keran dibersihkan secara rutin menggunakan cairan disinfektan.

    5. Tas

    Tas khususnya tas wanita ternyata memiliki kuman yang tiga kali lebih banyak dari dudukan toilet. Tas menjadi tempat berkumpulnya beragam jenis barang yang tidak diketahui bersih atau tidaknya. Belum lagi banyak dari Anda yang seringkali meletakkan tas di lantai bahkan saat berada di toilet. Sehingga para peneliti di Inggris menyimpulkan bahwa tas wanita merupakan benda dengan perpindahan bakteri yang cukup tinggi.
    (Eunike Freskanta/VP/Image: seb_ra/iStock/Thinkstockphoto)



    tags: tas, kotor, bakteri