Career

5 Kesalahan Menggunakan Kartu Kredit

  by: Redaksi       25/3/2015
  • Kartu kredit bisa memberikan keuntungan atau malah merugikan kondisi keuangan Anda. Jika tidak ingin terbelit utang, hindarilah beberapa kesalahan dalam penggunaan kartu kredit berikut.

    Hanya Membayar Minimum Payment

    Dengan melakukan pembayaran minimum, Anda bisa terjerat hutang yang lebih besar dari jumlah uang yang Anda pinjam sebelumnya. Karena setiap bulan Anda pasti akan terkena tambahan bunga di setiap pembayaran yang jika dikalkulasikan bisa membuat barang yang Anda cicil berharga dua kali lebih mahal dari harga seharusnya.

    Terlalu Banyak Memiliki Kartu Kredit
    Semakin banyak kartu kredit yang Anda miliki, semakin sulit untuk mengontrol pengeluaran masing-masing kartu kredit. Dalam pelunasan kartu kredit pun Anda akan direpotkan karena perlu mengingat tanggal pelunasan masing-masing kartu agar tidak terlambat bayar. Beberapa financial planner menyarankan untuk memiliki maksimal tiga kartu kredit saja.



    Terlambat Membayar Kartu Kredit

    Selain terkena denda, Anda juga masih harus membayar bunga jika terlambat membayar kartu kredit. Cara terbaik membayar kartu kredit adalah dengan membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo. Sebab jika Anda membayar pada jeda waktu di antara transaksi belanja dan tanggal penagihan, Anda belum akan dikenakan bunga kartu kredit.



    Tidak Melacak Transaksi Belanja dengan Kartu Kredit

    Begitu memperoleh kartu kredit, mungkin Anda tergoda menggunakannya sepanjang waktu, dan tidak mau repot-repot mengingat untuk apa saja kartu itu Anda belanjakan.Utang bisa menumpuk sangat cepat kalau Anda tidak melacak tiap transaksi belanja dengan cermat. Sebaliknya, dengan pelacakan yang cermat, Anda bisa memastikan bahwa pembelanjaan itu masih sesuai dengan budget bulanan Anda, dan karenanya akan terhindar dari belitan utang.

    Menggunakannya Sebagai Debit Card
    Hindarilah mengambil dan menggunakan dana tunai melalui kartu kredit Anda karena hal ini dapat membuat Anda dikenakan bunga yang sangat tinggi: Sekitar 2 hingga 6% sekali penarikan tunai dan langsung dihitung mulai dari hari pertama Anda mengambil dana tersebut. (Salli Sabarrang/VP/Image: gpointstudio/iStock/Thinkstock)