Lifestyle

5 Tempat Wisata Menarik di Kathmandu, Nepal

  by: Redaksi       27/3/2015
  • Kathmandu sebagai ibukota Nepal memiliki banyak tempat menarik yang wajib dikunjungi. Berikut lima tempat wisata yang menjadi rekomendasi Cosmo ketika Anda menginjakkan di Kathmandu.

     



    Garden of Dreams

    Garden Of Dreams merupakan bagian dari istana Kaiser Mahal yang dibangun tahun 1895. Di tangan keturunan Kaiser, taman ini berubah menjadi tempat yang super indah. Di dalamnya terdapat sebuah ansambel paviliun lengkap dengan air mancur di tengahnya. Serunya lagi, Anda bisa meluangkan waktu saat sore hari dengan membaca buku sambil menikmati burung merpati yang berterbangan di sekitar area Garden of Dreams. Jika merasa lapar, Anda pun bisa mencicipi makanan lezat di restoran dengan gaya Eropa yang ada di dalam kompleks taman ini.

     

    Durbar Square

    Tempat ini sudah lama menjadi ikon kota Kathmandu dan merupakan sebuah plaza atau area di seberang Royal Palace. Satu hal yang banyak menarik dari Durbar Square adalah bangunan-bangunan spektakuler yang menunjukkan betapa berjayanya kerajaan Kathmandu pada masa silam. Di Durbar Square terdapat kuil, patung dewa-dewi, hingga air mancur.

     

    Boudhanath

    Boudhanath terletak tujuh kilometer dari arah selatan Kathmandu. Stupa ini menjadi pusat dari Buddhisme Tibet di Nepal sejak beberapa dekade terakhir. Saat memasuki area stupa terbesar di Asia ini, Anda bisa langsung merasakan nuansa spiritual karena banyak biksu asal Tibet yang melakukan tawaf atau berkeliling Boudhanath sambil membacakan mantra “Om Mani Padme Hum”. Menariknya lagi, Anda bisa bersantai di rooftop restoran yang berada di kompleks yang sama, jadi Anda bisa menyantap masala tea sambil mengangumi keangungan Boudhanath.



     

    Swayambhunath

    Untuk sampai ke Swayambhunath Anda bisa menyusuri bagian timur kuil dengan menaiki 365 anak tangga yang curam atau menggunakan taksi dan berjalan kaki ke puncak dari sisi barat kuil. Di sepanjang tangga terdapat banyak batu yang ditulis dengan huruf-huruf mantra Tibet. Di tempat ini Anda juga bisa merlihat sekumpulan kera berkeliaran di setiap area stupa. Dan yang paling istimewa adalah Anda bisa menyaksikan city landscape kota Kathmandu dari stupa ini.

     

    Pashupatinath

    Kuil ini memiliki pagoda dengan dua atap yang dihiasi simbol dengan tinta emas di setiap sisinya. Di dalamnya juga terdapat jalan sempit yang mengarah pada tempat suci di mana Anda bisa melihat lebih dekat Shivalinga. Pada dua sisi setiap pintu kuil terdapat sebuah hiasan artistik yang menggambarkan Apsaras, Ashtha Bhairava, dan dewa-dewi lainnya yang dilukis dengan menggunakan tinta emas dan memberikan kesan mewah dan megah. Pashupatinath merupakan kuil khusus pembakaran jenazah agama Hindu dan masih sering digunakan sampai saat ini. Kuil yang satu ini merupakan kuil paling sakral di antara seluruh kuil Shiva yang ada di Nepal. (Salli Sabarrang/FT/Image: various)