Better You

Manfaat Mengejutkan dari "Unplug"

  by: Redaksi       31/3/2015
  • Smartphone telah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian orang tidak bisa lepas darinya. Sebuah penelitan menemukan seseorang akan memeriksa smartphone setiap 6,5 menit. Studi lainnya mengatakan sebanyak 67% pemilik smartphone akan memeriksa smartphone mereka meskipun tidak ada notifikasi yang muncul. Padahal unplug atau lepas dari smartphone dapat memberikan banyak manfaat, lho. Beberapa bahkan mungkin dapat mengejutkan Anda!

    Mengurangi Emosi Negatif

    Para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa satu dari tiga orang merasa lebih buruk dan tidak puas dengan hidup mereka setelah mengunjungi Facebook. Tentu saja, tidak setiap interaksi dalam Facebook dan media sosial lainnya selalu negatif. Namun, akui deh, terkadang Anda mungkin akan merasa iri, cemburu, atau kesepian setelah memeriksa profil media sosial orang lain. Dengan unplug selama beberapa waktu, bisa membuka mata kalau hidup Anda berharga dan bersyukur atas kehidupan yang telah dimiliki. Punya karier dan pasangan, mungkin?



    Terhindar dari Fear Of Missing Out (FOMO)

    Fear of Missing Out atau FOMO adalah gangguan psikologis yang terjadi karena perkembangan teknologi. Smartphone dan media sosial telah membuat Anda mengetahui segala sesuatu yang terjadi di sekitar, mulai dari berita lalu lintas hingga makanan siang si dia. Dengan aliran informasi yang terus-menerus ini, rasa takut tertinggal Anda akan muncul dan terus tumbuh. Inilah yang menimbulkan rasa cemas atau bahkan sebal ketika sang smartphone kehilangan sinyal. Padahal hal itu justru dapat membuat Anda lebih tenang, lho.

    Lebih Memperhatikan Lingkungan Sekitar

    Ladies, seberapa banyak Anda asyik bermain smartphone saat sedang bersama keluarga, sahabat, dan pasangan? Tanpa sadar Anda mungkin telah menghabiskan lebih banyak waktu dengan smartphone dibandingkan dengan orang-orang yang disayangi. Tidak ada yang salah dengan terkoneksi secara online. Namun, jangan sampai hal tersebut justru membuat Anda “terputus” dengan lingkungan sekitar. Coba sesekali jauhkan mata dari layar smartphone, Anda mungkin menemukan hal-hal baru yang dapat membuat bahagia.



    Hidup Lebih Sederhana

    Hidup di era yang serba cepat terkadang dapat menimbulkan rasa lelah yang berakhir pada stres dan perasaan tidak bahagia. Harus diakui hidup tanpa smartphone memang jauh lebih sederhana. Anda tidak perlu selalu memeriksa telepon, email, SMS, instant messaging, dan media sosial. Dengan sesekali melakukan unplug, Anda dapat membangun koneksi yang lebih dengan orang yang disayangi dan lingkungan sekitar. Hal tersebut tentu dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan bahagia. (Hana Devarianti/SW/Image: various)