Career

Waktunya Hentikan Kebiasaan Ini di Kantor

  by: Hana A. Devarianti       4/3/2016
  • Merasa karier tidak berkembang? Tidak menutup kemungkinan hal tersebut bukan berasal dari sisi perusahaan tempat Anda bekerja, tapi dari kebiasaan yang sering Anda lakukan. Ugh! Waktunya untuk berhenti melakukan beberapa hal di bawah ini, ladies.

    Makan Siang Sambil Bekerja

    Beberapa wanita berpikir bahwa kebiasaan ini dapat menimbulkan kesan bahwa dia adalah pekerja keras. Well, hal tersebut tidak benar. Untuk meningkatkan produktivitas, Anda justru membutuhkan waktu istirahat. Jadi, gunakan waktu makan siang untuk keluar sejenak dari kantor dan menyantap makanan yang Anda suka. Setelah itu, pasti Anda lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan.



    Mengetik, Tidak Berbicara

    Ya, ada kalanya Anda harus berbicara lewat email. Namun, jika Anda duduk tidak lebih dari 50 meter dan tidak ada dinding pemisah, sebaiknya bicara langsung kepada orang tersebut. Selama hal yang ingin Anda sampaikan tidak bersifat rahasia, menurut Cosmo sih sah-sah saja. Ingat, seseorang tidak dapat mengartikan intonasi dalam tulisan. Sedangkan hal tersebut sangat penting ketika Anda berkomunikasi dengan orang lain dalam konteks profesional.

    Pura-pura Baik

    Sikap pura-pura baik sering kali dianggap menjadi tiket emas untuk mendapatkan promosi. Namun, harus diketahui bahwa tidak ada yang menyukai mereka yang bersikap pura-pura baik hanya untuk maksud tertentu. Lagi pula penelitian dari University of Cambridge mengatakan bahwa orang yang menekan jati diri terlalu lama lebih rentan terhadap stres, kelelahan, hingga menganggu kesehatan fisik.



    Bersikap Pasif-Agresif

    Mereka yang pasif-agresif dikenal sebagai seseorang yang tidak dapat bekerja sama, sulit berkompromi, bahkan tidak peduli. Tidak mau dong cap ini menempel pada Anda. Alih-alih ngambek atau mengeluh, lebih baik katakan dengan jujur hal yang menganggu pekerjaan. Ini dapat menunjukkan rasa peduli dan dan menghargai rekan kerja yang lain, lho.

    Selalu Membandingkan

    Sikap membandingkan diri dengan orang lain bisa dikatakan adalah pisau bermata dua. Pada satu sisi hal ini dapat memotivasi Anda untuk mengembangkan diri. Namun, di sisi lain jika dilakukan secara berlebihan dapat mematahkan percaya diri hingga menimbulkan rasa iri. Jangan terlalu fokus untuk membandingkan diri dengan rekan kerja lain. Lebih baik fokus menyelesaikan pekerjaan Anda dengan maksimal. (Hana Devarianti/VP/Image: outnow.ch)