Lifestyle

Gerhana Matahari Terlihat di Beberapa Kota di Indonesia

  by: RedaksiCosmopolitan       9/3/2016
  • Hari Rabu, 9 Maret 2016 telah terjadi fenomena alam yang sangat indah, gerhana matahari total. Uniknya, Indonesia jadi satu-satunya negara yang dapat menikmati peristiwa detik-detik terjadinya gerhana.

    Tepatnya, gerhana matahari total dapat disaksikan langsung di 12 provinsi di Indonesia. Gerhana matahari melintasi Sumatera Barat (Pulau Pagai Selatan), Palembang, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung (Tanjung Pandan), Palangkaraya, Balikpapan, Kalimantan Barat , Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah (Palu, Poso, Luwu), dan Maluku Utara (Ternate dan Maba). Meski begitu, eberapa kota lainnya di Indonesia dan Asia tetap bisa melihat gerhana walaupun tidak sempurna 100%, termasuk dari Jakarta.

    Fyi, Jayapura menjadi lokasi yang cukup lama mengalami gerhana, dari pk. 08.53 WIT hingga 10.17 WIT, atau selama 2 jam 55 menit. "Durasi waktu itu merupakan terlama di seluruh Indonesia," ujar Kepala Stasiun Geofisika Klas 1 Angkasapura Jayapura, Dadang Permana. Apakah Anda sempat menyaksikan dan mengabadikan momen ini, dear? (Vidi Prima / VP / Image: doc. Cosmo)