Lifestyle

Tips Diving Bagi Pemula

  by: Hana A. Devarianti       19/3/2016
  • Jika Anda merupakan orang yang menyukai olahraga dan tantangan, pernahkah terbersit dalam benak Anda untuk mencoba diving dan menikmati keindahan dunia bawah laut? Jika iya, mungkin inilah saatnya bagi Anda untuk mencobanya. Jangan merasa takut meskipun Anda merupakan pemula ya, dear! Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda pelajari sebelum berenang di kedalaman.

    Pakai peralatan yang memadai

    Modal utama bagi pemula adalah goggles atau kacamata yang akan digunakan saat menjelajah di bawah laut. Pilihlah goggles yang pas di wajah agar air tidak masuk ke dalam masker yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan panik.



    Jangan menahan napas saat berada di dalam air

    Hal yang paling penting saat menyelam adalah jangan menahan napas saat berada di dalam air. Terkadang, beberapa orang akan lupa dan mereka akan menahan napas saat menyelam, kemudian menghembuskannya lewat mulut. Hal ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kecelakaan pada paru-paru. Bernapaslah secara normal dan santai dengan menghirupudara lewat mulut dan mengeluarkan lewat mulut juga. Jangan ragu untuk bertanya pada instruktur untuk mengetahui bagaimana cara bernapas yang benar saat menyelam.

    Menghafalkan isyarat tangan

    Selama berada di dalam air, Anda tentunya tidak dapat berbicara. Maka, penting bagi Anda untuk membuat bahasa isyarat menggunakan tangan. Contohnya adalah isyarat jempol ke atas yang menandakan bahwa Anda diminta naik ke permukaan, sedangkan jempol ke bawah mengisyaratkan untuk menyelam lebih dalam.

    Mendengarkan dan mengikuti arahan instruktur



    Sebelum menyelam, instruktur akan memberikan pengarahan tentang diving, mulai dari cara menggunakan peralatan menyelam hingga cara membaca kadar oksigen dalam tabung. Jika masih bingung, jangan ragu untuk bertanya, ya!

    Jangan terlalu jauh dari instruktur

    Terlalu asyik menikmati keindahan alam bawah laut akan membuat Anda terlena dan secara tidak sadar Anda akan berenang terlalu jauh dari instruktur. Maka, tetap jaga jarak Anda tetap dekat dengan instruktur agar tidak terjadi suatu masalah ya, dear!

    Sesuaikan telinga dengan tekanan air

    Tekanan di dalam air akan semakin kuat setiap meternya. Hal ini akan membuat telinga Anda terasa sakit. Jika sudah begini, telan ludah setiap kali telinga terasa sakit selama menyelam. Jika masih terasa sakit, segera laporkan pada instruktur dan jangan panik. (Sintya W / VP / Image: Dudarev Mikhail/ Shutterstock / click photos)