Better You

Aturan Penting Dalam Bersosialisasi

  by: Silvya Winny       20/3/2016
  • Sebagai makhluk sosial, Anda tentu tak bisa hidup tanpa orang lain. Tapi bersosialisasi juga ternyata tak segampang itu karena Anda harus berhadapan dengan orang lain yang tentunya memiliki karakter berbeda dengan Anda. Ingin tahu tipsnya? Baca artikel berikut.

     

     



    Perbarui Wawasan Anda

    Jangan melulu mengisi pikiran Anda dengan gosip. Lagipula, apa untungnya mengisi diri dengan gosip Kim Kardashian yang seakan tak ada habisnya? Perluas wawasan Anda dengan membaca berita dan mencari tahu apa yang sedang terjadi di sekitar Anda saat ini. Dengan begitu Anda akan mudah mengikuti perbincangan sekitar mengenai apa yang sedang terjadi. Be a part of your own world.

     

    Aktif di Lingkungan Sekitar

    Berpartisipasilah dengan kegiatan-kegiatan yang ada di sekitar Anda. Hal tersebut akan memberikan keuntungan tersendiri nantinya. Well, siapa tahu suatu saat nanti Anda membutuhkan bantuan seseorang, hal itu akan lebih mudah dilakukan jika Anda mengenal orang tersebut, lebih dari sekadar namanya semata.

     

    Aktif dalam sebuah kegiatan sosial akan membuat Anda lebih mudah menaruh perhatian pada apa yang terjadi di sekitar Anda, termasuk orang-orang di sekeliling Anda, apa yang sedang mereka alami, dan hal positif apa yang bisa Anda bagikan.

     

    Jangan Menutup Diri



    Ingat, sebagai makhluk sosial, Anda membutuhkan bantuan dan kehadiran orang lain. Jangan menutup diri dari apa yang terjadi di sekitar Anda. Suatu saat, ketika Anda dilanda masalah, Anda akan membutuhkan dorongan semangat serta saran-saran terbaik dari orang-orang terdekat. Be more sensitive!

     

    Pikir Sebelum Bicara

    Ingat dengan perumpamaan “Tong kosong nyaring bunyinya?”. Well, jangan sampai orang lain berpikiran bahwa Anda adalah sang ‘tong kosong’ tersebut karena Anda tak pernah menyaring kata-kata sebelum mengeluarkannya. Ingat, pikirkan mengenai apa yang akan orang lain rasakan sebelum Anda mengatakan hal tersebut. Jangan sampai Anda membuat orang lain terluka karena kata-kata Anda. Remember, words are worse than a sword.

     

    Pilah Teman Anda

    Jim Roth, seorang motivator ternama, berkata bahwa: seseorang kurang lebih akan bertingkah laku mirip seperti lima orang temannya yang biasa ia habiskan waktunya. Maka dari itu, pastikan Anda memilih teman-teman Anda secara bijak. Batasi diri Anda dari orang-orang yang memberikan efek negatif, dan habiskan waktu Anda lebih banyak dengan mereka yang memberikan efek positif serta membuat Anda bahagia dengan hidup Anda. Dengan begitu, pandangan Anda terhadap lingkungan sekitar pun akan berubah menjadi lebih baik.

     

    Be the Positive

    Mendengar kabar negatif soal teman kerja Anda? Uh-oh! Berusahalah untuk menjauhkan diri Anda dari pembicaraan negatif seperti itu, apapun situasinya. Biarkan saja mereka berceloteh panjang, di sisi lain tenangkan diri Anda dan tetap bersikap positif. Dengan begitu Anda bisa membuktikan pada orang-orang di sekitar bahwa Anda bisa bersikap dewasa. Be the positive, dear! (Alvin Yoga / VP/Images: Olesya Kuprina / Shutterstock / Clickphotos)