Better You

Cara Menjaga Badan Agar Tetap Sehat di Kantor

  by: Hana A. Devarianti       17/3/2016
  • Terlalu lama duduk dan menatap layar komputer tentunya akan membuat tubuh dan mata Anda terasa lelah. Maka, ada baiknya jika Anda meluangkan waktu di sela-sela pekerjaan untuk meregangkan tubuh dengan melakukan beberapa aktivitas yang dapat membuat tubuh Anda kembali segar, seperti beberapa aktivitas rekomendasi Cosmo berikut ini.

     
    Berdiri dan Berjalan
    Berdiri atau berjalan selama dua jam adalah hal yang dianjurkan bagi orang yang kesehariannya diharuskan untuk bekerja di depan layar komputer. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko kesehatan karena terlalu lama duduk. Menurut Robert Graham, MD, Director of Integrative Health and Wellness for Northwell Health System, New York, berdiri dan berjalan di sela-sela pekerjaan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena, selain baik untuk kesehatan, aktivitas tersebut juga ternyata mampu meningkatkan produktivitas kerja seseorang. 
     
    Menghirup Udara Segar
    Tahukah Anda bahwa sirkulasi udara yang ada di ruang kerja dapat memengaruhi kinerja otak Anda? Maka, jika Anda merasa ruangan mulai pengap, segera keluar dan hiruplah udara segar. Jika tidak, Anda juga dapat menaruh air purifier dengan HEPA filter di meja kerja agar Anda tetap bisa mendapatkan udara segar dalam kantor.
     
    Menaruh Tanaman Kecil atau Bunga di Meja Kerja
    Menghadirkan suasana alam di meja kerja Anda merupakan cara yang tepat untuk menumbuhkan inspirasi, kreativitas, dan perasaan menenangkan. Hal ini dikarenakan tanaman sangat baik jika dilihat dari sisi psikologi. Untuk itu, pilihlah tanaman hijau berdaun atau bunga yang tidak memiliki aroma yang terlalu menyengat.
     
    Memajang Barang-barang Pribadi
    Memajang barang-barang pribadi seperti foto keluarga atau foto bersama sahabat dapat mengurangi stress karena pekerjaan yang sangat padat.
     
    Menggunakan Aromaterapi
    Memilih aromaterapi dengan wangi jeruk akan meningkatkan semangat dan daya pikir. (Sintya W / VP / Image: doc. Dima Sidelnikov/ Shutterstock / Clickphotos)