Better You

Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan

  by: Salli Sabarrang       22/3/2016
  • Tahukah Anda bahwa makanan pedas dapat berefek buruk pada kesehatan? Yes ladies, sudah saatnya mengurangi kadar pedas pada makanan yang Anda santap, karena jika tidak, ini risikonya!

    1. Bagi Anda yang menderita penyakit maag sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas. Memang sih rasanya enak, tapi makanan pedas berpotensi membuat lambung Anda pendarahan. Oh no!
    2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas akan membuat Anda bolak-balik ke toilet. Ya makan pedas menyebabkan iritasi pada pencernaan yang bisa meningkatkan gerakan usus sehingga Anda akan merasa mulas dan mengalami masalah pencernaan.
    3. Ternyata rasa pedas bisa berpengaruh lho pada kualitas tidur. Makan makanan pedas terlalu banyak mengakibatkan Anda terkena insomnia atau susah tidur pada malam hari. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas saat makan malam ya.
    4. Sakit kepala sering dikaitkan dengan stres atau tubuh yang kurang istirahat. Padahal sakit kepala juga dapat dipicu oleh asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Makan makanan pedas ketika perut kosong akan mengakibatkan Anda terkena serangan sakit kepala.
    5. Semakin sering mengonsumsi makanan yang pedas maka kepekaan lidah Anda akan menurun. Bagi orang lain, satu sendok sambal sudah sangat pedas tetapi bagi mereka yang sudah terbiasa, perlu level kepedasan yang lebih tinggi. Ini tidak hanya berlaku pada rasa pedas saja tetapi juga berpengaruh terhadap pengecapan rasa lainnya seperti manis, asin, asam juga pahit.
    6. Terlalu sering makan makanan pedas memang lebih rentan mengalami sariawan. Dan parahnya, hal ini akan menganggu kenikmatan dalam menyantap makanan.
    7. Terlalu banyak mengonsumsi cabai apa lagi yang digoreng akan membuat kulit menjadi berminyak. Selain itu, cabai dapat menimbun lemak di wajah sehingga mudah menimbulkan jerawat. (Salli Sabarrang/VP/Image: doc.Piotr Marcinski/ShutterStock/Clickphotos)