Love & Sex

Intip 4 Bahaya Bercinta Saat Menstruasi

  by: Hana A. Devarianti       18/3/2016
  •  

    Ladies, bercinta bersama pasangan memang menyenangkan. Banyak pasangan yang akan melakukannya setiap waktu, bahkan saat menstruasi sekalipun tanpa tahu bahaya apa saja yang akan mengintai. Maka dari itu, yuk simak beberapa bahaya yang akan muncul ketika berhubungan seks saat menstruasi.



     



    1.Mengundang Risiko Terjadinya Endometriosis
    Berhubungan seksual saat menstruasi akan memicu terjadinya endometriosis, yaitu keadaan di mana darah menstruasi akan kembali ke dalam rahim atau bahkan ke organ reproduksi lainnya. Darah kotor yang membalik ini akan membuat lengketnya beberapa organ dan akan berkembang menjadi sebuah jaringan baru, dan dapat berkembang menjadi kista. Wanita yang menderita endrometriosis akan merasa nyeri ketika berhubungan intim maupun pada saat menstruasi.
     
    2.Risiko Infeksi
    Efek berikutnya adalah terjadinnya infeksi yang dibabkan oleh menurunnya kadar hormon estrogen dalam tubuh  saat menstruasi. Hal ini akan membuat cariran pada organ intim kewanitaan akan berkurang, sehingga memicu timbulnya luka pada saat berhubungan intim. Keadaan akan semakin memburuk ketika luka ini terkena darah saat menstruasi. Be careful!
     
    3.Memicu Timbulnya Emboli
    Emboli atau gelembung udara akan terjadi ketika ada penyumbatan pada pembuluh darah. Pada kaum wanita, pembuluh darah yang terdapat pada dinding-dinding organ kewanitaan akan terbuka pada saat menstruasi. Gelembung udara inilah yang kemungkinan akan muncul jika berhubungan intim saat menstruasi. Efeknya cukup membahayakan, yaitu dapat memicu kematian akibat pembuluh darah yang berhubungan dengan jantung dan paru-paru tersumbat.
     
    4.Menstruasi Tidak Lancar
    Pada wanita, mereka akan mengeluarkan hormon oksitoksin pada saat berhubungan intim. Hormon inilah yang memicu kontraksi pada rahim. Saat menstruasi, kontraksi yang terjadi akan menutup pembuluh darah, sehingga membuat menstruasi berhenti sebelum waktunya. (Sintya W / VP / Image: doc. Dmitri Ma/ Shutterstock / Clickphotos)