Career

Lakukan Hal Ini Sebelum Anda Bertemu Klien

  by: Hana A. Devarianti       22/3/2016
  •  

    Bertemu dengan klien dapat menjadi hal yang menegangkan, apalagi bagi Anda yang belum pernah mengalaminya. Namun jangan khawatir, dear! Lakukan beberapa saran dari Cosmo berikut ini agar Anda tidak melakukan kesalahan saat bertemu dengan klien.



    Pelajari Latar Belakang Klien

    Penting bagi Anda untuk mencari tahu latar belakang calon klien yang akan Anda temui saat meeting nanti. Pelajari berbagai hal seperti latar belakang pendidikan, keluarga, pekerjaan, dan berbagai hal yang berkaitan dengan usaha yang dijalankan oleh klien Anda tersebut. Hal ini akan membuat perbincangan Anda bersama klien berjalan dengan lancar.

    Pahami Betul Materi yang Akan Anda Bahas Saat Meeting



    Memahami betul materi apa yang akan Anda sampaikan pada saat meeting juga merupakan hal yang sangat penting. Maka, ada baiknya jika Anda mempersiapkannya dengan matang beberapa hari sebelum meeting berlangsung. Pastikan bahwa materi yang Anda susun tertata dengan rapi, sehingga nantinya Anda juga akan lebih mudah saat mempresentasikannya, dan klien pun dapat dengan mudah menyerap apa yang Anda sampaikan.

    Perhatikan Penampilan

    Jika Anda terbiasa berpenampilan kasual, cobalah untuk berpenampilan sedikit formal untuk menciptakan kesan profesional. Berpenampilan rapi juga akan menimbulkan kesan bahwa Anda menghormati pertemuan sekaligus sang klien pada saat meeting berlangsung. (Sintya W / VP / Image: doc. Konstantin Chagin/ Shutterstock / Clickphotos)