Better You

Mengobati Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami

  by: Hana A. Devarianti       27/3/2016
  • Rasa sakit pada tenggorokan sesungguhnya bukanlah kondisi yang perlu Anda khawatirkan karena akan sembuh dengan sendirinya. Namun, terkadang rasa sakit ini justru akan membuat Anda merasa tidak mood untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika sudah begini, segera obati rasa sakit dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

    1. Minum Teh Jahe

      Jika minum secangkir teh hangat saja sudah nikmat, apalagi jika Anda menambahkan jahe di dalamnya. Begitu banyak manfaat bisa Anda dapatkan dari jahe. Sifatnya yang ekspektoran akan membantu mengeluarkan lendir yang menempel di tenggorokan. Selain itu, jahe juga akan melancarkan aliran oksigen, membunuh racun, dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya mudah, cukup memarkan jahe kemudian rebus selama kurang lebih tiga menit dan campurkan pada teh hangat.



    2. Campuran Madu dan Lemon

      Air hangat yang dicampur dengan madu dan lemon juga akan membantu melonggarkan tenggorokan dan mengurangi rasa sakit pada tenggorokan Anda.



    3. Bawang Putih

      Yup, ladies! Maksud Cosmo di sini adalah makan bawang putih secara mentah. Mungkin kedengarannya memang aneh, namun bawang putih merupakan obat alami yang dapat digunakan untuk radang tenggorokan. Kandungan allicin di dalamnya akan membunuh bakteri yang menyebabkan radang dan melawan kuman yang menyebabkan iritasi. Anda cukup mengirisnya kemudian hisap sari-sari bawang putihnya. Lakukan setidaknya satu kali dalam sehari. (Sintya W / VP / Image: doc. Dejan Dundjerski / Shutterstock / Clickphotos)