Lifestyle

Tempat Belanja Barang Vintage di London Timur, Inggris

  by: RedaksiCosmopolitan       4/3/2017
  • London memang jadi salah satu kota kiblat fashion di dunia yang menarik untuk memuaskan hasrat belanja Anda. Tapi jika Anda sudah mulai bosan dengan Mayfair yang mewah, mungkin sudah waktunya Anda melirik area London Timur yang vibrant, eclectic, dan sangat hip.

    Dan jika Anda termasuk maniak dengan barang-barang vintage (dengan baunya yang khas, teksturnya yang unik, dan modelnya yang timeless), area London Timur mulai dari Brick Lane hingga Shoreditch rasanya pas untuk dituju. Berikut referensi Editor Cosmo, Vidi Prima untuk Anda para hipster yang suka berburu barang vintage berkualitas di ibukota Inggris.

     



    The Vintage Market, Old Truman Brewery

    Stasiun kereta terdekat: Algate East.
    Alamat: Block F, Old Truman Brewery, 85 Brick Ln, London E1 6QL, UK
    Waktu buka: Kamis – Minggu 11.00-18.00


     

    (Image: doc. Instagram @vidiprima)

    Terletak di kawasan brewery tua, Old Truman Brewery, The Vintage Market menjual barang-barang vintage tak biasa yang sudah tersortir dengan baik – percaya Cosmo, Anda akan menemukan jaket kulit yang telah ditambahkan aksen patches, atau postman bag yang terbuat dari denim dan kulit. Anda bahkan bisa menemukan baju dari tahun 1920an hingga vinyl koleksi terbatas! Letaknya yang berada di bawah tanah justru membuat tempat ini makin terasa hits.

     

    (Baca juga artikel: Fortnum & Mason, Supermarket Kaum Borjuis London)

     

    Spitalfields

    Stasiun kereta terdekat: Liverpool Street.
    Alamat: Brushfield Street, E1 6EW.
    Waktu buka: Setiap hari, kecuali Selasa, sampai jam 5 sore.

    (Image: doc. Cosmo)

    Kalau Jakarta punya Pasar Senen, Jalan Surabaya, atau Pasar Baroe, di timur London ada Spitalfields. Area ini adalah titik pertemuan banyak desainer muda dan bisnis kreatif yang cocok untuk mengakomodir gaya Anda yang unik. Spitalfields jadi “rumah” bagi banyak butik independen seperti Mercantile dan Collectif Clothing, termasuk beberapa brand ternama seperti Barbour dan Belstaff. Jangan ketinggalan juga untuk mengunjungi pasar barang antik Old Spitalfields Market. Pasar yang bangunannya bergaya Victorian ini menjual banyak pernak-pernik antik, vintage memorabilia, pakaian, sepatu, furnitur, hingga street food yang menggiurkan.

    Sekadar catatan, Minggu selalu jadi hari paling ramai di pasar ini, hari Kamis waktunya penjual dan pembeli barang antik bertemu, sedangkan Jumat lebih fokus pada barang seni dan fashion. Bazaar piringan hitam juga selalu digelar tiap Jumat pertama dan ketiga, dan Sabtu kedua setiap bulannya.

     

    (Baca juga artikel: 16 Tempat Hipster di London yang Harus Dikunjungi)

     

    Boxpark

    Stasiun kereta terdekat: Shoreditch High Street (persis di depannya!)
    Alamat: 2-10 Bethnal Green Road, London E1 6GY.
    Waktu buka:
    Fashion Store: Senin – Sabtu 11.00-19.00. Kamis 11.00-20.00. Minggu 12.00-18.00.
    Food & drink: Senin – Sabtu 08.00-23.00. Minggu 10.00-22.00.

     



    (Image: doc. Instagram @yiannisalexiou @ryanjamesstudio)

    Yang istimewa, ini adalah “pop up mall” pertama di dunia yang terbuat dari shipping container! Kontainer yang banyak Anda lihat di pelabuhan ini tersusun rapi memanjang dan diisi banyak toko independen yang menjual barang-barang fashion (mulai dari sepatu, baju, hingga aksesori), produk kecantikan, barang koleksi, dan tentunya makanan. Yup, kalau tidak mau belanja, Anda bisa nongkrong-nongkrong “cantik” sambil pesan bir atau makan di area ini.

     

    (Baca juga artikel: Huawei Luncurkan P9, Hasil Kolaborasi dengan Leica di London)

     

    Shoreditch

    Stasiun kereta terdekat: Shoreditch High Street

     

    (Image: doc. Instagram @camkro @huiyuchen_yu)

    Kawasan ini sangat berkembang beberapa tahun terakhir – dari yang tadinya kawasan kumuh, daerah operasi Jack the Ripper, dan tempat pelacuran jadi kawasan hipster yang jadi melting pot banyak kaum muda urban yang berjiwa seni tak terbendung. Karenanya jangan berkedip ketika sampai di area Shoreditch. Seriously, don't – karena area ini penuh dengan street art yang membujuk Anda untuk memamerkannya di Instagram, hingga butik-butik independen yang memanggil Anda untuk singgah (dan tentunya belanja).

     

    (Baca juga artikel: Burberry Membuka Kafe Pertamanya Di London)

     

    Brick Lane Market

    Stasiun kereta terdekat: Algate East.
    Alamat: Brick Lane, London E1 6PU.
    Waktu buka: Minggu 09.00-17.00.

     

     

    (Image: doc. Instagram @missmaysworld @londonfood_ @idealkui @mirtabanes)

    Pasar menarik yang hanya buka setiap hari Minggu ini cuma terletak di seberang kawasan Old Truman Brewery. Penggemar barang vintage harus menuju Cheshire Street untuk melihat dan belanja di beberapa toko menarik seperti House of Vintage UK, Beyond Retro, dan The Laden Showroom.

    Kalau Anda ingin cepat-cepat berburu barang vintage di Inggris, Garuda Indonesia siap menerbangkan langsung dari Jakarta ke London Heathrow, tanpa transit! Dengan frekuensi terbang tiga kali per minggu (Selasa, Sabtu, dan Minggu), Anda jadi punya banyak pilihan untuk berbelanja langsung di salah satu kota pusat mode dunia ini. Let's do some shopping, ladies(Vidi Prima / Image: doc. Cosmopolitan Indonesia, Instagram @VidiPrima)