Love & Sex

Menurut Penelitian, Hal Ini Bikin Hubungan Terancam

  by: Alvin Yoga       4/3/2017
  • John Gottman – seorang penulis buku, profesor psikologi di University of Washington, sekaligus pendiri dari The Relationship Research Insititute, memaparkan hasil penelitiannya mengenai hal yang bisa membuat hubungan Anda terancam. Pelajari baik-baik ya untuk menarik hubungan Anda dari “jurang”.

    Terlalu Banyak Mengeluh



    Menurut Gottman, mengeluh dengan mengkritik adalah dua hal yang berbeda. Akan lebih baik jika Anda mengkritik dan memberinya masukan dibanding hanya mengeluh panjang lebar tanpa memberi solusi. Semisal, si dia lupa membawa jaket Anda yang tertinggal di apartemennya, mengeluh membuat si dia terlihat buruk seakan-akan dirinya memiliki kebiasaan sebagai seorang pelupa, tanpa memberi solusi yang jelas. Mengeluh membuat si dia merasa “diserang” padahal kesalahannya hanya minim.

    Mengejeknya

    Anda mungkin pernah melempar candaan seperti memanggilnya dengan sebutan tertentu yang ia tidak suka, atau memutar mata ketika si dia sedang bicara. Tanpa Anda sadari, kedua hal ini merupakan bentuk ejekan. Jika si dia sedang memiliki mood yang buruk, atau jika si dia bukan tipikal yang humoris, hal ini bisa berujung pada putusnya hubungan. Mengejeknya dengan candaan yang penuh sarkasme berarti Anda tidak menghargai kekurangannya. Menurut penelitian Gottman, perilaku ini bahkan memiliki presentase terbesar pada hancurnya sebuah hubungan.



    Berlaku defensif

    Semisal kalian sedang bertengkar, dan Anda membela diri dengan seribu satu alasan. Berlaku defensif seperti ini membuat Anda seakan-akan berkata, “Bukan aku yang salah, tapi kamu.”. Dear, membela diri hanya membuat pertengkaran menjadi semakin lebar, Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Gottman hal ini seringkali membuat hubungan menjadi terancam.

    Menghindarinya

    Menutup diri ketika Anda sedang marah, seperti tidak menjawab pertanyaannya atau sengaja membalas pesannya sehari setelah ia menanyakan kabar Anda, tidak akan membuatnya luluh dan justru memancing emosinya. Hati-hati dear, menjauh dari si dia bisa membuatnya berpikir ulang mengenai hubungan Anda dan justru berakhir pada putusnya hubungan kalian. (Alvin Yoga/SW)