Lifestyle

Mengenal Kopi Melalui Ceritain Kopi Indonesia

  by: Sky Drupadi       13/3/2017
  • Pagi Anda belum sempurna sebelum meminum secangkir kopi, bukan? Well, kopi memang sudah menjadi lifestyle masyarakat Indonesia. Tetapi, tidak banyak orang mengetahui asal-usul kopi dan cerita-cerita menarik di baliknya. Maka dari itu, Alun-Alun Indonesia, Anomali Coffee, Indonesia Coffee Academy, dan Arterous bekerja sama untuk memperkenalkan sebuah movement bernama Ceritain Kopi Indonesia.

     



    (BACA JUGA: Seberapa Jauh Anda Kenal Kopi?)

     

    Berlangsung di Restoran Palalada by Alun-Alun Indonesia, Grand Indonesia, gerakan ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal. Di sini, Anda dapat melihat proses roasting biji kopi, melihat karya seni dari Arterous, dan tentu saja menikmati secangkir kopi yang lezat.

    Roots kopi Indonesia itu dalam. Orang-orang harus peduli dengan ceritanya,” ungkap Irvan Helmi dan Agam Abgari, co-founder dari Anomali Coffee. “Saya kesal tiap mendengar orang mengatakan bahwa kopi Indonesia itu tidak konsisten. Padahal, kopi Indonesia memiliki potensial untuk menjadi kopi terbaik di dunia. Yang perlu dilakukan adalah merapihkan hubungan antara penjual dengan petaninya.”

     



    (BACA JUGA: 5 Alasan untuk Suka Secangkir Kopi!)

     

    Brand Manager Arterous, Eric Wirjanata, menyatakan kekagumannya pada gerakan ini. “Saya selalu mendapat cerita baru tentang kopi,” tuturnya. “Tentang asal-usul kopi Manado, atau pedagang kopi yang pernah menyajikan kepada pejuang Indonesia.” Pendukung seni ini juga menambahkan bahwa ia berharap bukan hanya seniman Indonesia yang go international, tetapi juga kopi Indonesia.

     

    (BACA JUGA: Manfaat Ampas Kopi)

     

    Irvan dan Agam berharap bahwa passion mereka akan terlihat dan tersebar di kalangan generasi muda. Keduanya juga menekankan bahwa Ceritain Kopi Indonesia ini bukan hanya tempat untuk orang 'mendengarkan', tetapi juga berbagi cerita mereka. Sounds fun! Kegiatan ini berjalan dari tanggal 3-14 Maret 2017. (Sky Drupadi / VP / Image: Doc. Cosmopolitan Indonesia)