Lifestyle

Ini Bukti Indonesia Peduli Perempuan

  by: Alvin Yoga       22/3/2017
  • Anda mungkin pernah menonton atau membaca berita bahwa tak jarang wanita mengalami diskriminasi di Indonesia. Well, tak bisa dipungkiri, hal tersebut memang terjadi. Namun negara ini juga berusaha sebaik mungkin untuk peduli pada hak perempuan. Ingin tahu apa saja? Simak artikel berikut.

     



    Lahan Parkir Khusus Wanita (Ladies Parking)

    Kebijakan yang biasanya berada di pusat perbelanjaan atau bandar udara yang ramai ini memudahkan para wanita untuk mendapatkan ruang parkir. Ladies parking dibuat pertama kali di Jerman, dengan alasan bahwa ruang parkir yang sepi dan gelap seringkali membuat wanita merasa tidak aman, apalagi dengan munculnya kasus pelecehan seksual terhadap kaum wanita di area parkir.

    Sejak saat itu, ladies parking pun dibuat dengan kebijakan berupa: penempatannya yang dekat dengan pintu masuk bangunan, selalu diawasi oleh petugas atau kamera televisi, serta dimensi ruang parkir yang lebih besar. Kebijakan oleh pemerintah Jerman ini kemudian diikuti oleh pemerintah Tiongkok, Korea, dan kemudian Indonesia.

     

    Gerbong Khusus Wanita

    Perusahaan kereta Indonesia, yakni PT. Kereta Api, memperkenalkan gerbong khusus wanita pada kereta komuter di Jakarta sejak Agustus 2010. Banyaknya laporan pelecehan seksual di kereta serta bus membuat pemerintah Indonesia peduli terhadap isu tersebut. Gerbong ini kemudian diberi tanda dengan warna merah muda menyolok dan tulisan “Kereta Khusus Wanita” dan biasanya berada di ujung kereta.

    Tak hanya berlaku untuk kereta, PT Transjakarta yang lebih dikenal dengan sebutan “busway” juga sudah memberlakukan ruang khusus wanita sejak 2013 silam. Bahkan, di tahun 2016 kemarin, PT Transjakarta mulai meluncurkan bus khusus wanita dengan warna merah muda menyolok.

     

    (Baca juga artikel: Fakta: Gaji Wanita Indonesia Lebih Tinggi Dari Pria)



     

    Ojek Wanita

    Munculnya fenomena ojek online di Indonesia semakin ramai dengan adanya ojek khusus wanita. Hal ini ternyata sangat menguntungkan para wanita, karena selain sang penumpangnya merasa lebih nyaman jika harus duduk menyamping sambil berpegangan dengan sang pengemudi, sang pengojek yang juga seorang wanita pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan bagi keluarganya. Psst, Indonesia merupakan salah satu negara pelopor yang melakukan kebijakan ini, lho!

     

     

    (Baca juga artikel: Bobby Ida Ternyata Suka Wanita Asia!)

     

     

    Wisata Khusus Wanita

    Indonesia ternyata menyimpan begitu banyak tempat wisata yang dikhususkan untuk para wanita. Sebut saja tempat renang khusus wanita yang bertebaran di area Bandung, pemandian air panas khusus perempuan di Purbalingga, hingga pantai khusus wanita di Banyuwangi. Tempat wisata ini didirikan secara khusus untuk wanita, dengan alasan utama bahwa beberapa wanita merasa kurang nyaman apabila harus berpakaian terlalu terbuka di ruang publik. Sudah pernah mencoba salah satunya, dear(Alvin Yoga / VP / Image: Dok. Shutterstock)