Better You

Waspadai Penyakit Kulit yang Mungkin Terjadi Usai Seks

  by: RedaksiCosmopolitan       27/3/2017
  • Kendati bukan kategori STD, beberapa reaksi kulit di sekitar vagina Anda usai bercinta dengan pasangan ini patut mendapatkan perhatian lebih. Yes ladies, waspadai penyakit kulit berikut ini yang mungkin terjadi usai sesi seks.

     

    Alergi Terhadap Kondom



    Beberapa jenis kondom memang tak bersahabat buat Miss Cheerful. Yang kerap memberikan reaksi alergi secara cepat adalah yang berbahan lateks. Biasanya organ intim akan terasa panas hingga gatal dan perih seketika saat bersentuhan dengan kondom tersebut.

    Alergi Terhadap Lubrikan

    Sama halnya dengan kondom, beberapa jenis kandungan dalam lubrikan berisiko menimbulkan reaksi alergi pada area Miss Cheerful. Gejala yang ditimbulkan adalah rasa gatal berlebih dan iritasi pada vagina usai bercinta.

     

    (Baca juga artikel: Bahaya Mencukur Bulu Miss Cheerful)

     

    Trikomoniasis

    Gejalanya hampir sama seperti reaksi alergi, tapi menyebabkan rasa gatal yang lebih hebat dan diidringi dengan perubahan warna jadi keabuan di sekitar vagina. Diawali dengan iritasi, jika didiamkan ini bisa mengarah pada STD .



    Herpes

    Bagi Anda yang pernah mengalami penyakit kulit di bagian tubuh yang lain, ini memungkinkan untuk terjangkit kembali di area Miss Cheerful. Sebabnya adalah virus herpes sendiri tak benar-benar hilang dari tubuh penderitanya.

     

    (Baca juga artikel: Ini Penyebab Miss Cheerful Gatal)

     

    Kutil Pada Area Organ Intim

    Gejala ini tak akan timbul secara instan usai bercinta, biasanya membutuhkan beberapa minggu hingga bulan hingga akhirnya timbul di area vagina. Salah satu penyebabnya adalah terjangkitnya virus HPV saat Anda bercinta.

    Iritasi Miss Cheerful

    Cosmo tak akan bosan untuk mengingatkan Anda agar kerap membersihkan Miss Cheerful seketika usai menyelesaikan permainan dengan pasangan. Hal ini mampu membuang bakteri yang mungkin saja tertular saat bercinta. Salah satu gejala yang perlu diperhatikan adalah iritasi dan rasa gatal berlebih hingga menyebabkan luka di area ini. Hal ini bisa saja terjadi saat Miss Cheerful tak benar-benar “basah” saat mulai penetrasi hingga menimbulkan luka ringan atau alergi dan tertular bakteri dari Mr. Happy. (Irfina Indriyani / VP / Image: doc. nd3000 / Shutterstock / Clickphotos)