Beauty

7 Produk Skincare Penting Untuk Umur 20an

  by: Ainjia Phioltia Paat       31/3/2017
  • Bucketlist Cosmo antara lain adalah mengunjungi kota Tangier di Maroko, cliff-diving, dan saat kelak berumur 36, masih dianggap a 20 something. Hey, a girl can dream, and a girl can achieve her dreams! Caranya, selain dengan menabung, banyak berdoa, rajin browsing promosi liburan dan mencari cliff indah terdekat, adalah dengan mulai memperhatikan dan menjaga kulit wajah semenjak dini!

    Memang, di umur 20an, kulit wajah sedang berada di puncak tertingginya (Apa itu beauty filter apps?), dan perhatian Anda sedang terpecah antara karier, deretan tinder dates, serta malam-malam tanpa tidur karena asyik hangout dengan the girls. Dengan semua kesibukan dan keberuntungan genetik yang mendukung tersebut, memang tak mudah menyisihkan waktu untuk peduli pada kulit wajah.

    Namun, ingat peribahasa “Sedia payung sebelum hujan” kan? Pepatah tersebut cukup sesuai untuk situasi kulit wanita di umur 20an. Kulit wajah flawless di kepala 2 adalah hal yang natural, namun kulit indah saat umur mulai bertambah merupakan hasil kerja keras dan pastinya bukan dari usaha satu malam saja. Artinya, Anda perlu mulai “menabung” kesehatan dan kesegaran kulit wajah dari sekarang, serta mengambil langkah preventif dari tanda penuaan yang akan hadir, untuk merasakan hasilnya di kemudian hari!



    Tenang, tak perlu menggunakan berlapis-lapis skincare, kok. Cukup kenakan beberapa produk kunci yang sesuai dengan kulit saja. Kuncinya hanya dua, yaitu disiplin dan konsistensi! Selain itu, gaya hidup sehat, dengan rajin berolahraga, tidur cukup dan menjaga kuantitas junkfood yang masuk ke perut juga langkah baik untuk menjaga kecantikan kulit. Berikut 7 produk dan tips pilihan dari Cosmo untuk Anda coba.


    1. Wajib bersihkan wajah dengan makeup cleanser.
    Cosmo tahu bagaimana malasnya membersihkan makeup di wajah setelah malam Sabtu yang super seru, apalagi bila 3-4 gelas margarita telah habis diminum. Inginnya langsung menempel di bantal, bahkan kadang tanpa mengganti baju. (Eww!) Well, this has to change. Mulai sekarang, minimal angkat dulu sisa makeup di wajah, sebelum tidur, setiap malam. Coba: L'Oreal Paris Micellar Water, Rp129.000,-.

     

     

    Untuk emergency, sediakan cleansing wipes untuk menyeka sisa makeup. Cosmo loves: Neutrogena Makeup Remover Cleansing Towelettes, Rp120.000,-.

     

    2. Maksimalkan ritual membersihkan wajah dengan toner.
    Makeup, sisa keringat, dan kotoran yang menempel di kulit sepanjang hari adalah mimpi buruk untuk kulit Anda, mungkin bukan untuk saat ini, namun di masa depan! Ya, sisa makeup dan kotoran yang menumpuk dalam pori-pori bertahun-tahun dapat mengakibatkan adult acne dan penuaan dini di umur 30an. Scary, right? Oleh karena itu, penggunaan toner untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati setelah penggunaan facial wash bisa jadi jawaban yang cukup memuaskan. Pilih toner yang ringan, memiliki kandungan vitamin, dan tak mengangkat kelembapan kulit Anda! Try: SK-II Facial Treatment Lotion, Rp471.000,-.

     

     

    3. Miliki moisturizer yang bersahabat.
    Pemilihan pelembap wajah yang tepat ini krusial, ladies. Kemungkinan besar Anda akan menggunakan pelembap yang sama selama satu dekade atau lebih, sebelum mulai menggantinya dengan yang memiliki kekuatan anti-aging yang lebih besar. Biasakan kenakan moisturizer di kulit tak lebih dari 3 menit setelah Anda mencuci muka, saat kulit wajah masih lembap dan mudah menyerap produk. Oil-free moisturizer is also a good idea! Try: Perricone MD Pre-Empt Series Oil-Free Hydrating Cream, Rp1.200.000,-.

     

    4. Do not underestimate the power of SPF.
    Sebuat penelitian dari Australia menunjukkan bahwa grup yang rutin menggunakan SPF 15 setiap hari selama 4 tahun tak menunjukkan tanda-tanda penuaan, sedangkan grup yang tak rutin mengenakan SPF menunjukkan 24% lebih banyak tanda penuaan. Gunakan SPF yang ringan dengan antioksidan untuk melindungi kulit dari kejamnya radikal bebas. Coba: La Roche-Posay Anthelios AOX Daily Antioxidant Serum with Sunscreen, Rp580.000,-.



     

     

    5. Mulai lindungi daerah sekitar mata dengan eye gel cream.
    Mengapa gel? Karena tekstur gel lebih ringan dibanding krim dan lebih mudah menyerap di kulit. Karena penggunaan skincare mata di umur 20an merupakan tindakan preventif, maka pilih yang lembut dan mengandung air seperti Laneige Water Bank Eye Gel, Rp450.000,-.

     

    5. Lawan acne dengan obat jerawat yang sesuai.
    Jerawat di kalangan 20an biasa terjadi pada yang memiliki kulit berminyak. Oleh karenanya, treatment dengan sulfur dan salicylic acid mampu membantu melawan tumbuhnya jerawat. Pastikan produk yang Anda gunakan telah disetujui oleh para dermatologis ya. Try: Murad Blemish Control Spot Treatment, Rp250.000,-.

     

    (Ainjia Paat/Image: Shutterstock, Dok. Laneige, Murad, La Roche-Posay Perricone, SK-II, Neutrogena, Garnier.)

     

    Baca Juga:

    Solusi Membersihkan Wajah Paling Efektif Masa Kini

    Perawatan Paling Tepat untuk Kulit Sensitif

    6 Produk Perawatan Wajah Wajib Saat Menginjak Umur 30