Better You

5 Kebiasaan di Kantor Yang Bisa Membuat Anda Sakit

  by: Redaksi       3/3/2017
  • Apakah Anda berpikir pekerjaan Anda jauh lebih aman daripada petugas pembersih kaca jendela gedung-gedung pencakar langit? Pikirkan lagi! Sebab jika kebiasaan buruk ini Anda sering lakukan, sekarang waktunya Anda berhenti melakukan kebiasaan tersebut.

     

    Tidak Langsung Mencuci Tangan



    Mencuci tangan secara benar dan tidak terburu-buru bisa mengurangi risiko terkena penyakit di kantor. Entah itu setelah makan siang, mampir ke ATM, atau dari toilet, biasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum kembali menyentuh keyboard komputer. Dan jangan lupa untuk membersihkannya dengan kertas tisu atau handuk bersih (bukan handuk kotor yang tergantung di sisi wastafel).

     

    Jarang Membersihkan Microwave

    Kondisi microwave di pantry kantor mengenaskan? Menurut survei American Dietetic Association, lebih dari separuh karyawan mengatakan bahwa microwaves di kantor mereka hanya dibersihkan sekali sebulan. Akibatnya, tumpahan saus, serpihan popcorn, dan bekas makanan lain menjadi tempat bakteri beranak pinak. Cobalah mengatur jadwal rutin untuk secara bergilir membersihkan microwave dan berjanji untuk langsung membersihkan setiap habis dipakai. Toh bagaimanapun juga, semua menggunakannya, kan?

     

     

    Kulkas Milik Bersama



    Masalah di semua kulkas kantor: Tak ada yang tahu milik siapa saja semua makanan dan minuman yang ada di dalamnya, dan sudah berapa lama semua berada di situ. Anda tak dapat melihat, mencium, atau merasakan bakteri yang bisa membuat Anda sakit, jadi hanya sekadar mengendus atau “kelihatannya baik-baik saja” tidak bisa menyelamatkan Anda dari bakteri. Segera buat “Empat Aturan Kulkas.”

    1. Semua yang dimasukkan ke dalamnya harus diberi tanggal dengan spidol.
    2. Semua harus disimpan dalam wadah tertutup rapat.
    3. Sekali seminggu, semua makanan mudah basi yang tidak disentuh harus dibuang.
    4. Kulkas harus dibersihkan sekali seminggu. Gunakan campuran air hangat, cuka, dan baking soda untuk membunuh kuman.

     

    Tidak Membersihkan Piring (Lagi) Sebelum Makan

    Menemukan mangkuk di pantry yang masih ada bekas sereal yang mengering? Well, rupanya ada yang tidak mencuci piring dengan baik (we know, disgusting, right?). Pelajaran: Seyakin apapun Anda terhadap kebersihan perlengkapan makan, Anda tak akan pernah tahu bagaimana kondisi sebenarnya. Bisa jadi ada cicak atau kecoak berjalan-jalan di rak piring. Itu lokasinya terbuka, bukan? So, lebih baik mencegah daripada menyesal. Cuci lagi piring sebelum dipakai, atau bersihkan dengan tisu antibakteri.

     

    Spons Umum

    OK, saat mencuci piring di kantor, satu dari tiga orang mengatakan bahwa mereka menggunakan “spons umum”. Padahal, benda yang selalu dibiarkan lembab tersebut bisa menjadi sarang bakteri, ladies. Sebaiknya gunakan serbet kertas, air hangat, dan sabun cair. It's the best way to kill germs! Tak ingin kan sakit perut saat meeting?

     

    (Edited by Kezia Calesta / Imron Ramadhan /Muhtar Rais / FT / Image: iStockphoto/Thinkstock)