Better You

Tingkatkan Daya Ingat Dengan 5 Makanan Ini

  by: Redaksi       1/3/2017
  • Seiring bertambahnya usia, kemampuan daya ingat pun akan semakin menurun. Ada baiknya jika Anda memperbanyak konsumsi makanan alami untuk mencegah penurunan daya kerja otak. Tahukah Anda makanan apa saja yang berkhasiat meningkatkan daya ingat? Go and try it!

     

    Ikan



    Jenis ikan seperti makarel, tuna, salmon, dan jenis ikan laut lainnya memiliki minyak dengan sumber asam lemak omega3 yang dibutuhkan oleh otak. Selain asam lemak omega-3, ikan-ikan ini juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dan yodium yang bagus untuk syaraf otak dan mengasah daya ingat lebih tajam.

     

    (BACA JUGA: Pecinta Kuliner Salmon? Kenali Manfaatnya Juga!)

     

    Biji Bunga Matahari

    Kuaci yang berasal dari biji bunga matahari memiliki kandungan zinc yang baik untuk meningkatkan dan memelihara ketajaman otak dan pikiran. Tingginya kandungan vitamin E dalam biji bunga matahari dapat membantu melindungi neuron di otak dari stres oksidatif. Perlindungan inilah yang menjaga daya ingat tetap awet muda.

    Gandum

    Mengonsumsi gandum beserta olahanya seperti sereal, wheatbrand, dan pasta gandum memberikan vitamin B12 dan B6 yang bisa meningkatkan dan mempertahan daya ingat. Juga menurunkan risiko dari penurunan kognitif ringan yang dapat berkembang menjadi penyakit Alzheimer.

     



    (BACA JUGA: 9 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan)

     

    Daging Sapi

    Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu Anda tetap berenergi dan berkonsentrasi. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Dengan hanya mengonsumsi 1ons/hari, tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi dari sumber asupan makanan lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat.

    Kacang Kedelai

    Jika Anda seorang vegetarian, Anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan kedelai sebagai pilihan. Kacang-kacangan adalah adalah sumber penting zat besi nonheme - tipe zat besi yang membutuhkan vitamin C untuk diserap oleh tubuh.

     

    (BACA JUGA: 7 Asupan Untuk Otak Sehat)

     

    (Kezia Calesta / Muhtar Rais / IR / Image: iStockphoto / Thinkstock / GIPHY.com)