Better You

5 Hal Mengejutkan Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Stres

  by: Redaksi       15/3/2017
  • Ladies, Anda mungkin terlalu fokus dengan penyebab utama stres – uang, pekerjaan, dan perjalanan ke kantor yang “mengerikan”. Namun, terkadang stres dan rasa cemas tidak berasal dari sumber yang jelas atau bahkan sesuatu yang positif. Scott Schieman, Ph.D., Profesor Sosiologi di University of Toronto mengatakan hal-hal kecil juga dapat menimbulkan stres. Berikut adalah beberapa alasan tidak terduga yang membuat Anda merasa cemas atau gelisah dan berujung pada stres.

    Media Sosial

    Meski dapat membantu Anda menjaga hubungan dengan teman yang jarang dijumpa, media sosial pun memiliki sisi negatif. Sebuah studi yang dilakukan Pew Research Center pada tahun 2015 yang mengungkapkan media sosial dapat membuat Anda menyadari situasi stres teman. Hal ini berujung pada bertambahnya stres dalam hidup Anda. Pada studi sebelumnya ditemukan bahwa sering menggunakan media sosial juga dapat membuat Anda tidak percaya pada citra tubuh dan sulit move on.



     

    (Baca juga artikel: Cara Menghadapi Sahabat Pria yang Menyatakan Cinta)

     

    Multitasking

    Hidup di era modern membuat Anda menjadi seseorang yang multitasking. Memeriksa e-mail sambil menyelesaikan pekerjaan dan santap siang sudah menjadi hal yang biasa bagi Anda. Padahal menjadi multitasking justru menurunkan produktivitas dan menimbulkan stres, lho. Berfokus pada satu tugas pada satu waktu dapat memastikan bahwa Anda melakukan pekerjaan dengan maksimal dan mendapatkan hasil yang maksimal pula. Hal ini dapat menghilangkan rasa khawatir untuk memperbaiki pekerjaan tersebut setelah menyelesaikannya.

    Gadget

    Menghabiskan terlalu banyak waktu dengan gadget ternyata dapat menimbulkan rasa cemas, dear. Terlampau sering bersosialisasi secara virtual dapat menimbulkan stres saat melakukan interaksi real-life. Tidak hanya itu, gadget, terutama smartphone, juga dapat membuat Anda selalu merasa khawatir dengan pekerjaan. Harus diakui, e-mail pekerjaan yang masuk saat sudah pulang kantor memang dapat menambah beban pikiran. Anda mungkin sudah merasa cemas tidak dapat menyelesaikan pekerjaan saat melihat e-mail yang menumpuk di ponsel pintar.



     

    (Baca juga artikel: Tips Menghadapi Stres di Jalan Macet)

     

    Rasa Stres Orang Lain

    Stres ternyata adalah “penyakit” yang menular. Tidak menutup kemungkinan perasaan stres yang dialami orang lain dapat berpindah ke Anda. Sebuah studi yang dilakukan di Jerman menemukan seseorang yang mengamati orang lain menyelesaikan pekerjaan penimbul stres akan mengalami peningkatan produksi hormon stres, kortisol. Situasi yang dikenal dengan stres empatik ini juga terjadi ketika Anda melihat orang lain mengalami peristiwa traumatis, seperti mengalami penyakit kronis, kecelakaan, atau musibah.

    Teh dan Coklat

    Cosmo sarankan Anda berhati-hati mengonsumsi teh dan coklat saat sedang stres. Ini karena teh dan coklat memiliki kandungan kafein. Konsumsi kafein yang berlebih dapat menyebabkan masalah dengan tidur, pencernaan, dan perasaan mudah tersinggung. Percaya atau tidak, konsumsi berlebih dari makanan yang dikenal sebagai “obat” stres ini justru akan membuat Anda semakin merasa cemas dan khawatir. (Hana Devarianti/VP/Image: doc. Xavier Sotomayor / unsplash)