Better You

9 Hal yang Bakal Berubah di Tubuh Wanita Usia 20an

  by: Hana A. Devarianti       1/3/2018
  • Yup, perubahaan tubuh tak hanya terjadi ketika puber saja dear. Ternyata, tubuh Anda masih akan tumbuh dan berubah bahkan ketika telah menginjak usia 20. Dan, ini sembilan hal yang bakal berubah di tubuh wanita usia 20an.


    1. Tulang Anda tambah kuat



    Menurut Maria Sophocles, M.D., kekuatan tulang Anda akan terus bertambah di usia 20an. "Ini adalah waktu yang tepat untuk 'menanam deposit' dengan mengonsumsi kalsium dan vitamin D, serta rutin berolahraga terutama yang menggunakan beban. Karena dapat merangsang pertumbuhan sel-sel tulang." Hal tersebut penting dilakukan untuk menjaga agar Anda tidak terkena pengeroposan tulang saat menopause. "Saat sudah menopause, masa tulang jadi cepat berkurang. Tapi, kalau ada membuat 'deposit' sekarang, Anda memiliki cadangan masa tulang yang cukup."


    2. Berat badan Anda akan bertambah tiap tahun, dan itu sangat normal!

    Jangan stres begitu melihat angka timbangan yang sedikit (tapi pasti) selalu naik tiap tahun, karena sebenarnya hal tersebut normal terjadi pada wanita usia 20an. "Berat badan bertambah terutama karena meningkatnya body fat dibandingkan ketika remaja. Namun, harus diingat kalau BMI (Body Mass Index) untuk berat badan normal adalah 18.5 sampai 24.9," kata Dr. Sophocles. Jadi, selama angka berat badan naiknya tak seberapa, semua itu adalah hal yang normal terjadi. Yippie!


    3. Kulit Anda "mengingat" segalanya

    Okay, satu hal yang mungkin diingat ketika menginjak usia 20an adalah Anda tidak lagi mengalami masalah jerawat layaknya waktu remaja dulu. Tapi, ini bukan jadi alasan untuk tidak lagi merawatnya karena kulit yang sehat tidak mungkin terjadi begitu saja, honey. "Kulit yang terekspos matahari dapat membawa dampak berbahaya bagi kulit," tutur Dr. Sophocles. Kulit mampu "mengingat" kebiasaan buruk yang kerap Anda lakukan. Misalnya saja, kebaisaan malas pakai sunscreen. Kebiasaan ini bisa membuat kulit keriput di usia 40an, lho. So, think ahead ladies! Mending pakai saja deh sunscreen tiap hari.


    4. Jadwal menstruasi lebih teratur dan bisa diprediksi

    Karen Boyle, M.D., mengatakan begitu wanita berusia 20an, siklus menstruasinya jadi semakin teratur dari sebelumnya karena ini adalah masa paling subur seorang wanita. Lampu hijau buat Anda yang ingin punya anak!


    5. Anda mungkin lebih berjerawat dari waktu masih remaja

    Cosmo tahu kalau masalah yang satu ini pasti bikin Anda sebal bukan main. Dr. Boyle menjelaskan kalau di usia 20an, Anda mulai mengalami lonjakan estrogen dan progesteron setiap kali siklus haid. Dan, hal ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Penyebab lainnya adalah di usia ini wanita lebih sering menggunakan makeup dan tidak terlalu rajin menggunakan skincare. Jadi, masih saja merasa malas menghapus makeup sebelum tidur?




    6. Gairah seks Anda meningkat

    Kecuali Anda minum pil kontrasepsi yang bisa menekan gairah seks, Dr. Boyle mengatakan kalau keinginan Anda untuk beraksi di atas ranjang bersama si dia sedang tinggi-tingginya di usia 20an. So... Yes for more sex!

    7. Anda mulai mengalami kehilangan masa otot dan masa tulang

    Metabolisme tubuh Anda memang masih solid di usia 20an, tetapi menurut Dr. Boyle, tingkat metabolisme tubuh mulai turun 2%-4% per dekade yang dimulai pada usia 20an. Sehingga, tidak ada salahnya untuk lebih aktif berolahraga angkat beban demi tulang dan otot yang tetap kuat di masa depan.


    8. Puting payudara jadi lebih besar dan gelap

    Ini tidak terjadi pada semua wanita, tetapi Dr. Boyle menuturkan kalau di usia 20an, bagian aerola Anda akan terlihat lebih besar dan gelap dari sebelumnya. Relaks, ini semua normal kok.


    9. Tubuh semakin curvy

    Well, Dr. Boyle menuturkan kalau entah seketat apapun diet dan seberapa rajin Anda berolahraga, kebanyakan wanita akan mengalami perubahan bentuk tubuh di tempat yang tak pernah berubah sebelumnya. "Anda mungkin akan melihat adanya lemak di daerah pinggul, paha, dan payudara. Ini terjadi karena perubahan metabolik, penambahan berat badan, dan perubahan hormonal." A.k.a totally normal!


    Jadi, tak perlu merasa kecil hati kalau tak punya bentuk badan seperti model Victoria's Secret. Percayalah tubuh Anda sempurna kalau Anda sehat!


    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com. Alih bahasa: Hana Devarianti. Image: instagram.com. Perubahan telah dilakukan oleh editor.)