Better You

Kata Dermatologis, 5 Kebiasaan Umum Ini Merusak Kulit

  by: Kezia Calesta       2/3/2018
  • Ternyata, banyak kebiasaan yang Anda lakukan dapat merusak kesehatan kulit, lho. Ini dia 5 kebiasaan umum yang tidak baik untuk kulit Anda.




    1. Produk berbahan alami tidak selalu baik untuk kulit.

    Produk yang berbahan alami memang sering memberikan manfaat, namun jangan langsung berasumsi bahwa semua produk natural cocok untuk kulit Anda. Menurut dermatologis Allison Arthur, produk seperti essential oils dapat menimbulkan alergi bagi beberapa tipe kulit, dan coconut oil juga dapat menyumbat pori-pori dan membuat jerawat timbul saat digunakan di wajah.

     

    2. Kurangi kebiasaan mandi air panas.

    Meski mandi air panas memang sangat nikmat, suhu air tersebut dapat mengeringkan minyak alami yang diproduksi tubuh. So, gunakan moisturizer yang lembab setelah mengeringkan tubuh seusai mandi!

     

    3. Jangan mengobati masalah kulit dengan resep sendiri.



    Saat mengalami kegatalan atau masalah kulit yang tidak cenderung hilang, apakah Anda mencari cara untuk mengobatinya sendiri? Eits, jangan langsung mengobrak-abrik lemari obat dan menggunakan apapun yang ditemukan! Sebaiknya, kunjungi saja dokter kulit yang profesional agar masalah Anda dapat ditanggulangi dengan baik.

     

    4. Jangan terlalu sering membersihkan wajah.

    Apakah Anda terlalu sering mencuci muka atau menggunakan scrub untuk menghilangkan bekas jerawat? No, no, no! “Banyak orang berpikir bahwa jerawat timbul karena mereka tidak menjaga kebersihan, dan jerawat dapat hilang bila mereka sering mencuci muka,” jelas Arthur. “Kami merekomendasikan pasien untuk mencuci muka dua kali dalam sehari, tidak lebih. Wajah Anda malah akan terkena iritasi dan produksi minyak pun akan bertambah.” Ah, dan jangan menggosok muka dengan kasar saat menggunakan scrub, ya!

     

    5. Hindari kebiasaan memecahkan jerawat sendiri.

    Ya, Cosmo tahu bahwa memecahkan jerawat cukup memuaskan, namun sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Menurut dermatologis Maris Garshick, memecahkan jerawat dapat memperbesar kemungkinan infeksi dan menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan, lho. Sebaiknya, kunjungi dermatologis agar jerawat yang mengganggu dapat diatasi dengan baik.

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. dolgachov @ 123RF.com)