Better You

Cara Sederhana Merayakan International Women's Day

  by: Hana A. Devarianti       8/3/2018
  • Selamat Hari Perempuan Internasional a.k.a International Women's Day! Yuk, rayakan hari yang ditujukan bagi para perempuan ini. Tak melulu harus dengan ikut women's march, kok. International Women's Day juga bisa dirayakan dengan melakukan hal yang bisa bikin Anda semangat dan menambah mood. Nah, lakukan saja lima cara sederhana di bawah ini untuk merayakan International Women's Day!


    1. Breathe



    Tentu saja, Anda bernapas... Tetapi kali ini coba deh tarik dan buang napas secara dalam dan perlahan. Lalu, lakukanlah selama lima menit dan Anda akan merasa lebih relaks dan fokus. Kalau ingin mencoba sesuatu yang lebih, lakukanlah latihan yogic breathing exercise. Para peneliti di University of Pennsylvania menemukan kalau latihan bernapas tersebut dapat meringankan depresi seorang individu. Wow!


    2. Go Airplane Mode

    Okay, akui deh seberapa sering Anda merasa FOMO (Fear Of Missing Out) sampai-sampai selalu memeriksa smartphone meskipun tidak ada pesan yang masuk. Kebiasaan yang buruk, ladies. Mungkin kebiasaan ini terkesan sepele, tetapi terlampau sering memeriksa smartphone, termasuk menggunakan media sosial, bisa menimbulkan efek buruk seperti membuat Anda sulit mengingat, menimbulkan rasa cemas, bahkan memancing depresi. Yikes!

    Jadi, tak ada salahnya untuk menjauh sejenak dari si ponsel pintar dengan menyalakan mode airplane. Tak perlu lama-lama, gunakan saja mode tersebut saat sedang menikmati kopi sore di coffee shop favorit. Hey, bisa jadi ada seorang pria good looking yang ingin mengajak kenalan tetapi ragu karena melihat Anda sibuk dengan smartphone


    3. Bicara Soal Kopi... Mengapa Tidak "Puasa" Minum Kopi dan Menggunakan Uangnya untuk Disumbangkan?



    Yup, donasikan saja uang ngopi Anda ke organisasi dan komunitas yang bergerak untuk pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. Melakukan kegiatan amal bisa meningkatkan mood dan membuat Anda merasa bahagia, lho. Efek yang juga dirasakan ketika minum kopi.

    Well... Anda mungkin tidak bisa kalau tidak minum kopi. Tapi, bukan berarti itu akan menghalangi diri Anda untuk melakukan donasi, kan? Sharing is caring, ladies.


    4. Move Your Body!

    Kalau Anda bekerja nine to five, duduk berjam-jam pasti sudah jadi hal yang tak terelakkan. Padahal, duduk berjam-jam bisa menganggu kesehatan tubuh mulai dari bikin punggung pegal sampai menganggu sistem pernapasan tubuh. So, kali ini Cosmo mengajak Anda untuk berdiri dan menggerakkan tubuh. Mau itu berolahraga di gym atau di lantai dansa saat sedang ladies night bersama the girls dengan menggerakkan tubuh, Anda akan merasa lebih fresh dan sehat setelah melakukannya. Trust us!


    5. It's Ladies Day

    Tak masalah kalau ingin merayakan International Women's Day sendirian saja, tetapi percaya deh merayakannya bersama para perempuan lainnya pasti akan lebih seru. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama perempuan lain. Telepon ibu Anda dan sampaikan betapa dia telah berjasa dalam hidup. Rencanakan girls night bersama para sahabat. Dan, datanglah ke event yang memungkinkan Anda untuk bertemu perempuan-perempuan yang menginspirasi. Percaya deh, ini bisa bikin Anda merasa tambah fearless untuk "mematahkan" stigma yang mendiskriminasi perempuan. (Hana Devarianti / SW / Image: instagram.com)