Better You

8 Buku Masak Yang Wajib Dimiliki Pecinta Makanan Sehat

  by: Silvya Winny       11/3/2018

  • Apakah Anda selalu tertarik pada makanan sehat atau hanya baru sekadar mencoba menerapkan pola makan tersebut baru-baru ini? Mungkin delapan resep dan buku masak ini bisa bantu memberi persedian ide dalam melengkapi kebiasaan sehat Anda.




    1. Thug Kitchen


    Filosofi vegan Thug Kitchen membuat pola clean eating tidak "serius" seperti yang Anda bayangkan. Satu hal terbaik tentang buku ini adalah adanya pilihan pengganti menu yang lebih fleksibel yang memungkinkan Anda untuk tetap makan sehat, namun menjaga stabilnya berat badan.


    2. Deliciously Ella

    Setelah mengubah kebiasaan makan untuk mengatasi masalah kesehatannya yang terbilang langka, Ella Woodward mulai menyebarkan pola makan sehatnya pada buku masak pertamanya ini. Resepnya mudah dibuat dari mulai makanan ringan sampai makan malam. Ella membantu Anda dengan visualisasi dan langkah-langkah yang sangat jelas. Menurut kabar, ia akan mengeluarkan dua buku barunya tak lama lagi!


    3. Oh She Glows


    Dengan judul yang sangat "vegan" menjadikan buku Angela Liddon sangat cocok untuk mereka baru mulai mengenal pola makan sehat. Ia menyarankan mengonsumsi makanan dari mashed potatoes, pastry, dan kue yang lebih sehat namun kelihatan lezat. Oh She Glows benar-benar akan membuat Anda terlihat lebih sehat dan cerah, dan membuat Anda jatuh cinta lebih cepat pada makanan vegan.


    4. Honestly Healthy Cleanse


    Guru hidup sehat Natasha Corrett membagi resepnya menjadi empat rencana - Feel Good, Slim Down, High Energy dan Life Changing. Tiga yang pertama lebih jangka pendek, dirancang untuk membantu Anda mencapai tujuan tertentu, sementara yang terakhir adalah resep untuk jangka panjang, seperti pizza berbahan dasar almond (ya, namun masih tetap PIZZA) dan sarapan segar yang bergizi. Sebagai pemula, Anda tidak harus langsung mencoba semuanya. Bisa dimulai dengan mencoba program 6 harinya dulu, kemudian gabungkan resep berikutnya sampai Anda bisa benar-benar terbiasa dan menikmati makanan sehat ini.




    5. Get The Glow


    Madeleine Shaw adalah health coach dari aktris Millie Mackintosh, dan keduanya sangat menguasai banyak ilmu tentang makanan sehat. Di buku ini ia membagikan resep mengolah sayuran sampai dessert yang sangat menggugah selera. Yup, ia bisa menambah inspirasi Anda dari mulai sarapan hingga hidangan untuk makan malam.


    6. The Art of Eating Well


    Para vegetarian dan vegan, bersabar sebentar ya. Karena dua saudara Jasmine dan Melissa Hemsley adalah karnivora yang menciptakan persediaan ide untuk mengolah resep masakan lezat. Bukan berarti buku mereka tidak cocok untuk Anda yang sedang menghindari produk hewani ya. Anda bisa mencuri ide mereka dalam membuat dessert dan jus sehat. Kalau Anda coba Paradise Bar (mirip seperti snack bar Bounty) buatan mereka, pasti akan jatuh cinta!


    7. Eat. Nourish. Glow


    Kalau melihat berat badan Sam Smith yang turun drastis, Amelia Freer adalah salah satu orang yang bertanggung jawab akan hal itu. Filosofinya tidak berpusat pada soal penurunan berat - tapi juga bagaimana memenuhi nutrisi tubuh sehingga Anda merasa lebih baik dari luar dan dalam. Buku ini sangat cocok untuk para serious foodies, nutrition geeks, karena ia merincinya dengan sangat detail.


    8. I Quit Sugar


    Maksudnya bukan berhenti dari gula sepenuhnya, tapi jika Anda termasuk yang tidak dapat makan apapun kurang dari tiga cupcakes sekali waktu, setelah membacanya Anda mungkin bisa mengurangi setidaknya sedikit. Sarah Wilson dulu adalah seorang monster gula, ia bisa makan sampai 25 sendok makan sehari, tapi telah mengubah pola makannya dan berhenti sama sekali. Bukunya memberikan detoksifikasi 8 minggu dan ada lebih dari 100 resep untuk membantu Anda melakukan hal yang sama.

    (Image: dok. Amazon.com)