Better You

Tips Penting Saat Baru Kehilangan Dompet!

  by: Hana A. Devarianti       16/3/2018
  •  

    Dompet Anda baru saja hilang? Okay, Cosmo tahu Anda pasti panik. Tarik napas, ladies dan berusahalah untuk tenang. Ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika dompet hilang.

     



    1. Lapor ke Satpam atau Petugas

    Hal pertama yang harus dilakukan ketika dompet hilang adalah melapor ke satpam atau petugas. Kalau dompet hilang di mall atau restoran, hampiri pos satpam terdekat untuk melaporkan peristiwa kehilangan. Jika dompet hilang di kereta atau stasiun, laporlah ke petugas yang ada di kantor petugas stasiun terdekat. Sedangkan, jika dompet hilang di taksi atau armada transportasi online, Anda bisa menelepon customer service.

    Saat melapor, pastikan Anda mendeskripsikan dompet dengan detail, seperti warna, ukuran, dan bentuk dompet. Kemudian, berikanlah informasi soal identitas Anda, sama seperti identitas yang ada di dokumen penting di dompet. Beri tahu pula kapan dan di mana Anda terakhir memegang dan melihat dompet tersebut. Informasi ini akan sangat berguna terutama kalau dompet hilang di kereta, karena akan lebih mudah bagi petugas untuk melacak di kereta mana dompet hilang. Ketika dompet hilang di taksi atau armada transportasi online, ada baiknya pula untuk menyebutkan nomor atau plat armada sehingga akan lebih mudah untuk menemukan dompet tersebut. Apabila memungkinkan, telepon saja supir armada untuk memeriksa apakah benar dompet Anda tertinggal atau terjatuh.



    2. Segera Blokir Kartu Debit dan Kartu Kredit

    Memang sih saat ini sudah ada sistem PIN dan kode otentikasi untuk mencegah kartu digunaan oleh orang lain selain Anda. Namun, Cosmo sarankan untuk tetap memblokir kartu debit dan kartu kredit untuk menghindari kartu dipakai orang lain.

    Untuk memblokir kartu debit dan kartu kredit, cukup menelepon call center bank. Bank kemudian akan meminta informasi tertentu sebagai verifikasi pemblokiran kartu. Setelah itu, bank akan mengonfirmasi pemblokiran. Semua itu dilakukan hanya lewat satu kali telepon, lho. Jangan lupa tanyakan informasi cara membuat kartu yang baru ya.

    Kalau kartu terdaftar dalam fasilitas online banking, ada baiknya juga Anda rutin mengecek transaksi kartu debit dan kartu kredit secara online. Sehingga, apabila ada transaksi yang mencurigakan, Anda bisa langsung melapor ke bank.

     

    3. Lapor ke Kantor Polisi



    Hal selanjutnya yang harus dilakukan saat dompet hilang adalah melapor ke kantor polisi. Saat melapor, Anda akan diminta untuk membuat surat keterangan hilang oleh polisi yang bertugas. Surat keterangan hilang ini diperlukan untuk mengurus dokumen penting lain, seperti KTP, SIM, dan pembuatan kartu debit juga kartu kredit.

    Untuk membuat surat keterangan hilang, beberapa dokumen yang dibutuhkan adalah KTP (wajib, jika tidak hilang), buku tabungan (jika ingin melaporkan kehilangan kartu debit), dan fotokopi atau foto barang dan dokumen yang hilang (jika ada). Selain itu, terkadang petugas juga meminta surat pengantar dari RT atau RW tempat Anda tinggal. Pembuatan surat keterangan hilang ini sebenarnya gratis, tetapi di beberapa tempat Anda perlu membayar biaya administrasi.

    Kalau surat sudah selesai diproses, jangan lupa untuk fotokopi surat tersebut dan meminta legalisir. Ini karena biasanya bank akan meminta fotokopi surat yang telah dilegalisir untuk membuat kartu yang baru. Oh ya, surat keterangan hilang ini hanya berlaku selama 14 hari ya, ladies.

     

    4. Lekas Urus Dokumen Kehilangan KTP

    Nah, dokumen pertama paling krusial yang harus Anda urus adalah KTP. Karena, KTP dibutuhkan untuk membuat dokumen-dokumen penting lainnya. Untuk mengurus kartu yang satu ini Anda bisa melakukannya di kantor Kelurahan atau Desa. Prosedur membuat KTP baru karena hilang, baik itu untuk e-KTP atau KTP versi lama, adalah sama.

    Dokumen yang diperlukan adalah surat pengantar RT/RW setempat, fotokopi Kartu Keluarga (KK), dan fotokopi KTP yang telah hilang jika ada. Bawa pula pas foto ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing sebanyak 2 lembar dengan latar belakang merah untuk Anda yang lahir di tahun ganjil dan latar belakang biru untuk Anda yang lahir di tahun genap. Saat berada di kantor kelurahan, Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan KTP karena kehilangan, yang kemudian ditandatangani oleh Lurah atau Kepala Desa. Formulir dan berkas dokumen yang Anda berikan kemudian akan dibawa ke kantor kecamatan. Tunggu proses pencetakan sekitar 2 minggu. Bila KTP sudah selesai dicetak Anda akan diberitahu dan bisa langsung diambil di Keluarahan atau Desa setempat.

     

     

    Itu dia ladies, empat hal yang harus dilakukan kalau dompet hilang. Satu hal yang Cosmo sarankan buat Anda adalah selalu simpan fotokopi dokumen penting di rumah atau scan saja dokumen tersebut untuk disimpan di smartphone atau email pribadi. Dengan begitu, akan lebih mudah buat Anda untuk mengurus dokumen tersebut kalau sewaktu-waktu hilang. (Hana Devarianti   / SW / Image: rawpixel©123RF.com, Kitz Corner©123RF.com)