Fashion

10 Fashion Hacks Yang Anda Harus Tahu!

  by: Nina Natasya       15/3/2018
  • Sebagai wanita, pasti ada saja permasalahan mengenai pakaian atau aksesori yang pernah Anda alami. Kemeja putih terkena noda red wine? Sepatu yang baunya tak hilang-hilang? Hmm.. We feel you. Oleh karenanya, untuk membuat hidup Anda menjadi sedikit lebih mudah dan praktis, Cosmo memberikan tip atau fashion hacks yang perlu Anda ketahui untuk mengatasi problema tersebut. Jangan lupa untuk share tip dibawah ini kepada keluarga dan teman Anda, ladies!


    1. Gunakan catokan rambut untuk menyetrika kerah kemeja.
    Di saat darurat, mungkin kerah kemeja Anda sedang kusut atau tak rapi, sedangkan Anda tak membawa setrika pakaian. Cukup kenakan catokan rambut untuk merapikan kerah kemeja, ataupun merapikan bagian pakaian yang lain!


    Kemeja, Bershka, Rp279.900,-; Hair Straightener, Babyliss Pro Nano Titanium Digital Styler, Rp1.728.100,-.




    2. Hilangkan goresan di tas atau sepatu kulit menggunakan pelembap.
    Bahan genuine leather atau kulit memang rentan memiliki bekas goresan. Untuk menyamarkannya, gosok perlahan di bagian goresan menggunakan pelembap dan cotton bud.


    3. Cegah warna jeans berubah dengan cuka dapur.
    Untuk mengunci warna dan washes jeans favorit Anda, cukup cuci menggunakan cuka dapur sebanyak setengah gelas yang dicampurkan dengan seember air. Setelahnya, bilas dengan air lalu jemur. Jangan menggunakan deterjen karena bahan tersebut dapat membuat warna jeans pudar.


    Jeans, Pull&Bear, Rp559.900,-.


    4. Garam dapat membuat t-shirt menjadi lebih halus.
    Yes, Anda dapat membuat t-shirt favorit Anda jadi tetap lembut dengan merendamnya selama 3 hari dengan air dan setengah gelas garam.


    5. Ukur pas tidaknya bra Anda menggunakan jari.
    Bra yang tidak pas dengan ukuran payudara atau terlalu sempit pastinya tidak nyaman dipakai. Jika tak yakin, Anda bisa mencoba memasukan dua jari ke dalam bra saat dipakai. Jika rasanya jari Anda terjepit atau tidak nyaman, itu tandanya Anda harus mengganti ukuran bra.


    6. Hilangkan noda red wine dengan white wine.
    Pakaian Anda ketumpahan noda red wine? No worries. Tekan dahulu bagian noda dengan tisu agar sisa cairan terserap. Lalu dengan menggunakan handuk yang dicelup ke white wine, tekan-tekan bagian noda hingga samar. Untuk menghilangkannya secara total, cuci pakaian dengan deterjen seperti biasa.


    7. Kantung teh dapat mengurangi bau pada sepatu.
    Say no more to stinky sneakers and shoes. Setelah selesai mengenakan sepatu Anda, simpan di tempat yang kering, karena udara lembap adalah sebab bakteri penyebab bau muncul. Lalu taruh satu kantung teh di masing-masing sepatu untuk menyerap baunya.  




    Sepatu, H&M, Rp1.499.000,-.


    8. Rapikan kalung atau gelang rantai yang kusut dengan bedak bayi.
    Kalung atau gelang rantai seringkali kusut dan menyatu sehingga membuat stress saat mencoba merapikannya. Taburkan bedak bayi ke aksesori agar lebih licin dan mudah untuk dilepaskan. Lalu hilangkan bedak di aksesori dengan mencucinya menggunakan sabun yang mild.


    9. Hilangkan noda keringat di pakaian menggunakan lemon.
    Noda keringat, khususnya di pakaian berwarna putih memang sangat mengganggu. Untuk menghilangkannya, peras buah lemon dan gosokkan air perasannya ke bagian noda pakaian. Lalu cuci seperti biasa.


    Kemeja, Zara, Rp559.900,-.


    10. Atasi ritsleting yang menyangkut dengan pensil.
    Ritsleting atau zipper menyangkut memang sangat mengganggu. Cukup oleskan Vaseline petroleum jelly atau ujung pensil ke bagian gerigi ritsleting, agar membantu penarik ritsleting lebih lancar digerakkan.



    Ilustrasi: Poppy Yunita