Beauty

Cara Mengatasi Jerawat Secara Cepat Sesuai Jenisnya

  by: Ainjia Phioltia Paat       15/3/2018
  • Terkadang, Anda bangun tidur di pagi hari, berkaca, dan... Hello! Look who's coming for a visit? Jerawat yang baru saja merekah, siap merusak hari Anda. Dan karena biasanya jerawat muncul dalam semalam, maka logikanya, mereka juga bisa hilang dalam semalam, kan? Namun begitu, menurut Renee Rouleau, ahli kecantikan yang bertanggung jawab akan kulit flawless Demi Lovato, jerawat membutuhkan waktu berminggu-minggu sebelum muncul ke permukaan kulit. Jadi, sayang sekali, waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan jerawat pun tak hanya semalam. Pesan Renee, jangan berharap terlalu tinggi (agar tak kecewa bila si jerawat masih hadir esok harinya!), dan perhatikan bentuk dan jenis jerawat Anda untuk mengetahui apa sih sumber permasalahannya. Lalu, ikuti tips berikut untuk menghilangkannya secara cepat!


    Bila jerawat berbentuk tonjolan merah dan di tengah terdapat “mata” (whitehead)

    Bila whitehead sudah terlihat jelas di permukaan kulit, Renee menyarankan untuk membungkus jemari Anda dengan tisu dan mengeluarkan semua isi whitehead. (Jangan gunakan kuku, karena akan meninggalkan bekas di kulit, dan nantinya noda!) Setelah semua whitehead berhasil dipencet keluar sebelum Anda beristirahat di malam hari, Renee menganjurkan untuk mengoleskan daerah tersebut dengan produk topikal yang memang diciptakan untuk malam hari, seperti Mario Badescu Drying Cream, yang mengandung sulfur dan zinc oxide, untuk menghilangkan infeksi yang mungkin masih tersisa di folikel kulit.



    Bila whitehead nya belum jelas terlihat, biarkan dulu! Mungkin Anda berpikir bahwa Anda menghindari infeksi dengan langsung menggunakan krim jerawat saat jerawat belum sepenuhnya merekah, namun pada kenyataannya, langkah ini justru akan buat kulit jadi kering, yang akan menciptakan sel kulit mati, dan malah akan menjebak infeksi di dalam dan buat jerawat jadi makin meradang.


    Bila jerawatnya memiliki benjolan yang dalam, tanpa mata

    Untuk infeksi seperti ini, Renee menyarankan untuk buat janji dengan dermatologis dan minta lah injeksi cortisone, yang akan menyembuhkan bengkak, kemerahan, dan mengurangi ukurannya setelah satu hingga dua hari. Untuk perawatan yang lebih murah dan bisa dilakukan sendiri di rumah, Renee merekomendasi untuk mengaplikasi salep ciptaannya, Anti Cyst Treatment, www.reneerouleau.com, yang akan membantu menghilangkan cystic acne hingga ke dalam kulit. Gunakan tiap hari setelah benjolan muncul di permukaan kulit hingga benar-benar hilang.




    Bila bentuknya lebih kecil, merah dan tak memiliki "mata"

    Ada beberapa cara untuk menghilangkan jerawat ini, yang dikenal dengan nama papules. Untuk mencegah jerawat jenis ini berubah jadi pustule (jerawat bermata), kurangi inflamasi dengan mengompresnya dengan es batu selama 10 menit tiap 3-4 jam, atau oleskan krim cortisone dua kali sehari. Yang penting untuk diingat saat mengobati papules adalah untuk mencegah area yang bermasalah jadi makin kering dengan obat jerawat yang biasa. Hal ini akan menciptakan retakan kecil di perbatasan perlindungan kulit yang hanya akan membiarkan bakteri-bakteri lain masuk ke kulit Anda, yang akan memancing bertambah jerawat-jerawat lain. Sebaiknya gunakan produk dengan bahan yang menenangkan sebagai alat bantu.


    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com. Perubahan telah dilakukan oleh Editor.)