Beauty

9 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Selulit!

  by: Ainjia Phioltia Paat       18/3/2018
  • Selulit adalah kondisi kulit dimana kulit memiliki permukaan bergelombang, biasanya terletak di perut, pantat, dan paha. Hal ini disebabkan oleh sel lemak yang menekan membran halus di bawah epidermis. Hal ini menciptakan penggelembungan pada sel kulit yang menyebabkan membran terdorong dan tertarik, yang menghasilkan kulit jadi bergelombang.

    Apa yang memancing terciptanya selulit? Selain kondisi ini genetik, (bila ibu Anda memilikinya, maka besar kemungkinan Anda memilikinya juga), selulit juga bisa disebabkan asupan makanan yang tak sehat, dan kurangnya berolahraga. Dua hal yang perlu diingat mengenai selulit adalah: 1. Anda tidak sendiri. Menurut Dendy Engelman, M.D., dermatologis dari New York City, 93 persen wanita memiliki selulit, dan 2. Ada berbagai cara untuk meminimalisir tektur kasarnya, bila Anda menginginkannya.

    Bila Anda cenderung condong ke nomor 2, silahkan simak beberapa cara untuk menghaluskan tampilan selulit ini!



     

    1. Ubah Pola Makan

    Pola makan yang sehat memiliki peran penting untuk menjaga kulit jauh dari selulit. Makanan dengan kadar garam yang tinggi misalnya, akan menyebabkan sel lemak membengkak, membuat selulit jadi makin terdefinisi. Engelman menyarankan untuk menjaga dan memperhatikan asupan sodium dan mengkonsumsi banyak makanan berfiber dan whole grain, seperti bran dan oat cereal, karena makanan jenis tersebut membantu mengenyahkan kotoran dan racun dari dalam usus, sama seperti buah dan sayur.

     

    2. Minum Air yang Banyak

    “Anda butuh terhidrasi dengan baik karena saat tubuh Anda dehidrasi, selulit akan tampak lebih buruk,” tambah Engelman. “Dehidrasi buat kulit jadi lebih tipis dan lemah, dan kulit yang tipis akan menonjolkan selulit dengan jelas.”

     

    3. Berolahraga lah secara rutin

    Selulit adalah lemak, maka berat tubuh yang berlebihan mempengaruhi. Jadi, bila tujuan Anda adalah meminimalisir tampilan selulit di tubuh, penting untuk menjalankan latihan fisik seperti jalan, jogging, berenang, yoga, dan lain-lain beberapa kali dalam seminggu.

     

    4. Rajin pijat daerah yang bermasalah

    Alat pijat tubuh bisa Anda kerahkan untuk memijat selulit, menstimulasi sirkulasi darah dan mengurai cairan di bawah kulit, menghasilkan tampilan kulit yang lebih mulus sejalannya waktu. Namun, hati-hati. “Body brushing yang dilakukan tiap hari, dan pijat rutin akan mengaktifkan drainase caira, yang akan membantu mengeliminasi toksin yang malah akan menumpuk di lapisan lemak kulit. Hal ini akan menghasilkan inflamasi dan menjadikan selulit Anda terlihat lebih buruk,” jelas Engelman.

     

    5. Lakukan eksfoliasi lebih sering

    Bila Anda tak suka pijat, coba aplikasikan body scrub dengan kandungan kafein dan fokus pada area yang bermasalah.

    Saat digunakan secara topikal, scrub yang terbuat dari kopi akan meminimalisir tampilan selulit dengan dua cara: 1. memijat scrub pada kulit menstimulasi sistem sirkulasi yang berfungsi mengalirkan limfa di dalam tubuh. Dan 2. kopi mengandung kafein, yang bertugas membantu mengencangkan kulit, dan juga mengandung sweet almond oil yang membantu menjaga kekenyalan dan menghidrasi kulit.



     

    6. Kenakan Serum

    Serum dan krim topikal dapat membantu, namun jangan mengharapkan terjadi keajaiban. Paling maksimal, produk-produk tersebut akan membantu menguatkan kulit, buat selulit terlihat berkurang dan mengencangkan kulit secara temporer. Engelman merekomendasi Nerium Firming Body Contour Cream, yang memiliki kandungan kafein, forskohlii root extract extract, dan antioksidan, yang semuanya membantu mengencangkan kulit. Juga Biotherma Celluli Eraser yang memiliki kafein dan coralline extract, ekstrak tumbuhan laut yang bisa membantu meminimalisir sel lemak.

     

    7. Coba Compression Tights

    Pakaian yang ketat dan mengikuti bentuk tubuh cenderung menonjolkan tampilan selulit.

    Jadi, bila Anda menemukan selulit saat Anda menggunakan celana olahraga, pilih compression legging, yang bisa membantu menekan tekstur kulit. Legging jenis ini juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah hingga ke jantung, menjaga cairan dari penggumpalan dan memperparah tampilan kulit Anda.

     

    8. Gunakan Self-Tanner

    If you can't tone it, tan it,” saran Engelman. Selulit hampir tak mungkin dilenyapkan begitu saja. Tentu, Anda bisa meminimalisir tampilannya dengan olahraga dan produk yang sesuai namun hal ini membutuhkan waktu. Maka, cara tercepat untuk menyamarkan selulit adalah dengan self-tanner!

     

    9. Coba beauty treatment dari dermatolog Anda

    Memang, perawatan dengan mesin yang canggih akan lebih menguras isi dompet Anda dibanding produk topikal. Namun, hasilnya lebih jelas dan tahan lama.

    Pilih treatment yang menggunakan teknologi invasif, dan sudah terpercaya. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda ya!

     

    Image: @kourtneykardashian

    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com. Perubahan telah dilakukan oleh Editor.)