Love & Sex

9 Tanda Anda Terlalu Bergantung dengan Pasangan

  by: Hana A. Devarianti       17/3/2018
  • Ladies, terlalu bergantung sama pasangan ternyata bukan hal yang baik lho. Hal ini bisa membuat Anda dan si dia sulit merasa puas dengan hubungan, ujung-ujungnya hubungan jadi tidak sehat lagi. Para ahli malah memperingatkan kalau ketergantungan yang sampai bikin tidak bisa independen lagi atau yang disebut dengan codependency ini dapat merusak diri.


    "Codependency bisa diartikan ketika dua orang sangat 'menginvenstasikan' perasaan mereka dalam sebuah hubungan, sering kali hingga membuat mereka sulit untuk menjalani hari secara independen tanpa kehadiran sang pasangan," ujar relationship expert Helen Mia Harris. "Dan dalam banyal hal, codependency berhubungan dengan kecanduan akan cinta dan begitu pula sebaliknya. Terkadang semakin dramatis dan menyakitkan sebuah hubungan, semakin kuat pula rasa ketergantungan di antara dua orang tersebut."




    Apakah Anda berada di hubungan yang codependency? Ini beberapa hal yang bisa menjadi tanda kalau Anda terlalu bergantung pada pasangan.


    1. Merasa Anda dan pasangan adalah satu kesatuan, dan menunjukkan kalau Anda dan si dia tidak bisa hidup terpisah sebagai dua individu yang berbeda.


    2. Tertarik pada hal yang butuh "diselamatkan" atau "diperbaiki" dari pasangan, serta terlibat dalam usaha dramatis nan heroik untuk menjadi "sang penyelamat".


    3. Menghargai keputusan sang pasangan lebih dari keputusan dan opini diri sendiri.


    4. Takut ditinggalkan dan memiliki kebutuhan obsesif untuk mendapat persetujuan dari pasangan.


    5. Tidak bisa pergi sendirian, atau bahkan tidak mampu memulai sesuatu sendiri karena takut ditinggalkan atau ditolak.




    6. Memiliki ketergantungan yang berlebihan, cenderung tidak sehat, dengan hubungan yang sedang dijalani. Meski, Anda tahu hal tersebut merugikan Anda.


    7. Merasa tidak bahagia, hampa, dan sangat tidak puas ketika menjadi diri sendiri.


    8. Mengorbankan hobi, acara, rencana, atau kepetingan pribadi demi bersama pasangan.


    9. Perasaan setia pada seseorang, meskipun dia berulang kali menolak dan menyakiti Anda.


    Mungkin tanda yang ada di atas terkesan lumrah ketika menjalani sebuah hubungan. Rasanya sah-sah saja kan kalau mengorbankan treatment di salon supaya bisa pergi kencan dengan si dia? Well, itu semua normal kalau hanya terjadi sesekali. Namun, kalau itu selalu terjadi dan sampai pada tiitk di mana ini membuat hubungan jadi abusive dan merusak, ada kemungkinan Anda terlibat dalam hubungan yang codependency. Belum lagi kalau Anda sampai merasa tak ingin lagi memenuhi kebutuhan dan keinginan diri, atau bahkan hingga kehilangan jati diri.


    Hubungan codependency tentu bukan hal yang baik bagi siapapun. Jika merasa berada di dalam hubungan yang satu ini, bicarakanlah apa yang Anda rasakan pada pasangan secara jujur dan terbuka. Jangan takut untuk meminta bantuan dari profesional jika memang merasa membutuhkannya.


    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com. Alih bahasa: Hana Devarianti. Image: [email protected]. Perubahan telah dilakukan oleh editor.)