Beauty

Cara Menghindari dan Melenyapkan Jerawat di Bokong

  by: Ainjia Phioltia Paat       19/3/2018
  • Jerawat di bagian pantat atau buttne memang sebuah rahasia yang meresahkan. Walau tak terlihat oleh semua orang, namun tak menyenangkan kan rasanya memiliki “beban terpendam” tersebut. Bagaimana bila Anda mau berlibur dan harus menggunakan bikini? Atau mau memamerkan lingerie seksi terbaru di depan si dia? Semua hal tersebut jadi terasa menyebalkan karena si buttne. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa Anda tidak sendiri. Percaya atau tidak, pada titik tertentu, semua wanita (dan pria) baik di kehidupan nyata maupun celebrity yang Anda kagumi, pernah merasakan hal tersebut! 


    Sejujurnya, sama seperti jerawat pada kulit wajah, cara melenyapkan buttne juga berbeda-beda, tergantung kulit dan permasalahan masing-masing. Buttne disebabkan oleh bakteri yang sama yang menyebabkan jerawat wajah, yaitu tumpukan minyak alami dari kulit yang tercampur dengan kotoran dan mengakibatkan sumbatan pada pori-pori. Bedanya, bila bakteri pada acne cenderung terperangkap di kulit akibat makeup atau debu, pada buttne, bakteri terperangkap pada pakaian.




    Apa sih sebab dari buttne?

    Jerawat di bokong bukan acne seperti yang tumbuh di wajah Anda. Buttne terjadi kebanyakan karena inflamasi pada folikel rambut, yang disebut folikulitits, atau iritasi akibat gesekan kronis dari bahan pakaian yang ketat dengan kulit. Buttne biasanya kecil dan gatal, namun bisa membesar bila tak cepat dikontrol. Folikulitits tak selalu disebabkan oleh bakteri, permasalahan ini juga bisa diakibatkan oleh jamur!

    Terbiasa menggunakan workout leggings Anda untuk beraktivitas setelah gym time? Gabungan antara keringat, sebum, sel kulit mati, dan gesekan yang diciptakan oleh bahan legging yang menempel dengan kulit Anda dapat menciptakan iritasi dan oleh karenanya, buttne!


    Bagaimana cara menghindari jerawat di bagian tubuh tersebut?

    So, dari hal tersebut, bisa disimpulkan bahwa kebersihan merupakan salah satu faktor utama untuk menghindarkan jerawat di pantat. Rutin mengeksfoliasi kulit dengan scrub halus untuk membersihkan pori-pori dan mengangkat tumpukan kulit mati juga merupakan cara meminimalisir buttne. Menggunakan pakaian yang tak menempel di kulit dan terbuat dari katun yang menyerap keringat juga meminimalisir timblunya jerawat di bokong. Dan Cosmo sarankan, cepat ganti yoga atau workout pants Anda langsung setelah jam workout selesai agar bakteri dan kotoran tak sempat menempel di kulit bagian tubuh yang tak Anda inginkan!




    Lalu, cara untuk menghilangkan buttne?

    Bila semua hal tersebut telah Anda lakukan namun Anda tetap menemukan buttne, tak apa, coba bilas bokong Anda dengan salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk membersihkan pori-pori. Jerawat mulai meradang atau memerah? Kenakan exfoliating tonic yang biasa Anda gunakan di wajah atau aplikasikan krim obat jerawat. Terlanjur ada bekas di bokong? Aplikasikan moisturizer yang mengandung eksfoliator lembut seperti AmLactin Moisturizing Body Lotion.


    Hal yang perlu dihindari saat bokong Anda sedang berjerawat?

    Satu hal yang perlu Anda hindari saat terlanjur telah berjerawat adalah menggunakan scrub! Scrubbing atau eksfoliasi baik dilakukan untuk mencegah munculnya buttne, namun saat jerawat telah meradang, hal ini malah akan memperparah inflamasi, dan akan meninggalkan bekas dan hiperpigmentasi. Selain itu, hindari dulu kelas cycling! Perpaduan spandeks, keringat, dan gesekan yang terjadi karena latihan tersebut mampu memperburuk keadaan. Dan pastikan Anda langsung melepas celana olahraga Anda setelah workout.


    Produk macam apa yang baik untuk menghindari dan melenyapkan buttne?

    Bilas kulit bokong dengan sabun dengan kandungan benzoyl peroxide. Bila Anda mudah iritasi, kenakan eksfoliator lembut seperti salicylic acid atau lactic acid untuk membantu kulit tetap mulus dan menghindari penumpukan kotoran di pori-pori. Secara keseluruhan, bila Anda sering berkeringat, pastikan kulit bokong Anda selalu bersih dan kering. Belum berhasil juga? It's okay, yang penting, jangan sentuh dan memencet jerawat dengan jemari, dan mampir segera ke dermatologis Anda.