Better You

Selamat Hari Bahagia Sedunia! Sudah Bahagiakah Anda?

  by: Hana A. Devarianti       20/3/2018
  • Selamat Hari Bahagia Sedunia, ladies! Yup, ternyata setiap tanggal 20 Maret adalah Hari Bahagia Sedunia atau International Happiness Day, lho. Mengutip dari UN.org, hari perayaan yang digagas pada tahun 2013 ini diadakan sebagai cara untuk mengenali pentingnya kebahagiaan dalam kehidupan manusia di seluruh dunia. Tak terkecuali, Anda!


    Well, apakah Anda sudah merasa bahagia hari ini? Kalau belum, tak usah khawatir di sini Cosmo sudah punya cara instan untuk dapat merasakannya. Cosmopolitan.com telah berkonsultasi dengan Shirin Eskandani, life coach di New York yang mengatakan kalau Anda bisa meningkatkan suasana hati dalam waktu 10 menit saja. Tidak percaya? Saran Cosmo, coba deh lakukan dulu dan Anda akan terkejut dengan hasilnya!




    1. Dengarkan Musik dan Bergoyanglah!

    Dengarkan lagu yang Anda suka, dan kalau sedang berada di ruangan yang cukup luas, bergoyanglah segila mungkin! You do you, girl. Musik dapat memancing memori. Jadi kalau itu adalah lagu yang mengingatkan akan momen bahagia dalam hidup, mendengarkannya lagi dapat membangkitkan lagi ingatan plus emosi yang dirasakan kala itu. Dan, bergoyang akan 'memompa' endorfin sehingga suasana hati pun langsung membaik.

    Bagaimana kalau Anda tidak bisa bergoyang dengan leluasa? No worries, 'bergoyang' dengan menganggukkan kepala saja sudah memerikan efek yang serupa kok.


    2. Tersenyum

    Bukan asal tersenyum, lho. Untuk benar-benar mendapatkan efeknya, Anda harus tersenyum selama lebih dari 10 detik. Memang sih awalnya terasa canggung, tapi kalau berhasil melakukannya, tubuh akan "tertipu" sehingga ia berpikir kalau Anda sedang merasa senang.

    Dari sisi sainsnya, tersenyum dapat melepaskan endorfin dan serotonin, dan membuat otak berpikir, "Oh, saya sedang sangat bahagia saat ini!" Dengan kata lain, ini adalah saatnya Anda menerapkan konsep "fake it 'til you make it".


    3. Tonton Vieo Lucu

    Tonton lagi video lucu yang waktu itu bikin Anda tertawa terpingkal-pingkal. Yup, video Instagram tentang kucing yang bertindah bodoh sudah cukup kok. Tidak perlu video yang durasinya sampai berjam-jam, cukup yang durasinya 30 detik atau semenit saja sudah mampu meningkatkan level bahagia,


    4. Buat Gratitude List

    Coba deh tulis satu atau dua hal yang bikin Anda bahagia dan bersyukur akhir-akhir ini. Tak perlu hal-hal yang "besar", bukan cuma promosi karier saja kan yang mampu membuat hati jadi suka cita? Cosmo yakin hal "kecil" seperti mengelus anjing yang lucu, rambut dan makeup yang terlihat "on" hingga malam, atau mungkin menyantap makanan favorit saat makan siang juga sudah bisa menimbulkan perasaan senang. Jadi, tulis hal itu dan Anda akan merasa lebih baik setelahnya.


    5. Pakai Lipstick Kesukaan



    Hal yang sama juga berlaku ketika Anda mengenakan pakaian dan sepatu favorit. Dengan melakukan hal ini, tiap berkaca Anda akan berkata "Saya terlihat keren hari ini!" dan itu sudah pasti bikin percaya diri sehingga mood pun jadi bagus sepanjang hari.

    6. Chat atau Telepon Orang Tersayang

    Atau mengapa tidak bikin rencana untuk bertemu dengan mereka? Menanyakan kabar orang yang disayang–mau itu anggota keluarga, si dia, atau the girls–dapat meningkatkan suasana hati. Dan, kalau merencanakan bertemu dengan mereka, Anda jadi punya hal yang ditunggu-tunggu. Jadi langsung semangat dan ceria, deh!


    7. Pergi ke Luar Ruangan

    Cobalah untuk pergi ke luar ruangan dan mendapatkan udara segar selama 10 menit. Yang penting adalah menjauh dari meja kerja (atau hal apapun yang bikin stres). Dan tidak, melihat ke luar jendela saja tidak cukup. So, get up and get some fresh air!


    8. Meditasi

    Tak perlu ikut kelas atau menghabiskan waktu satu jam lamanya untuk meditasi. Lakukan saja ini: tutup mata, dan bernapas dalam-dalam lewat hidup. Hidup dan buang napas dengan panjang yang sama, lalu tahan napas sebentar setelah menghirup dan membuangnya. Anda tidak usah duduk bersila ketika melakukan ini, cukup dengan duduk dengan posisi santai. Lakukanlah selama tiga detik atau satu menit.

    Oh ya, saat ini sudah ada lho aplikasi yang bisa membantu Anda bermediasi, contohnya The Mindfulness App dan Headspace. Unduh saja aplikasi ini di smartphone untuk membantu meditasi.


    9. Makan Cokelat

    Kakao telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan mood. Dan, rasanya pun lezat! Jadi tak perlu alasan untuk memakannya. So, kalau sedang bete langsung saja makan dark chocolate berkualitas tinggi. See, langsung merasa lebih baik kan?


    Itu dia ladies beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merasa bahagia dengan instan. Coba saja dilakukan hari ini, lagi pula inilah inti dari Hari Bahagia Sedunia: merasa suka cita sepanjang hari dan tak lupa di hari-hari berikutnya!

    (Hana Devarianti/SW/Image: Kamil Macniak©123RF.com)