Better You

8 Hal Yang Anti Dipakai di Pesta Pernikahan

  by: Silvya Winny       23/3/2018
  • Pesta pernikahan akhir-akhir ini tidak ketat dalam urusan pakaian karena banyak pasangan yang lebih progresif dari biasanya. Namun tetap saja, sebagai tamu yang diberi banyak kebebasan dalam berpakaian dibanding 10 tahun lalu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam berpakaian saat pergi ke pesta pernikahan. Beberapa di antaranya adalah yang akan Anda baca bila scroll ke bawah.

     

    1. Jangan pakai putih



    Satu aturan yang perlu diulang berkali-kali karena hampir semua orang tahu, namun sering terlupa. Baju putih memang bagus, tapi di hari itu, warna putih bukanlah untuk Anda, darling. Berikan kesempatan ini untuk sang pengantin. Atau bila tak ada pilihan lain, pilih warna netral seperi krem atau cokelat.

     

    2. Jangan Pakai Baju Santai

    Bahkan jika pesta pernikahan yang Anda datangi merupakan acara yang santai, namun kenyataannya tak disarankan untuk berpakaian terlalu santai. Aturan "lebih baik overdressed daripada underdressed” itu ada benarnya. Jika Anda khawatir akan kepanasan, coba pilih bahan katun dengan material yang ringan.

     

    3. Jeans = No

    Lain hal bila dresscode yang tertera dalam undangan adalah jeans ya. Jika tidak, well, mengapa harus memakai jeans ke sebuah pesta di saat Anda bisa memakainya di hari lain?

     

    4. Pakai Busana Yang Mengekspos Bra

    Ini bukan makan siang dengan teman Anda, ini adalah acara pernikahan, darling. Apakah Anda tidak punya strap dress yang tidak mengekshibisi tali bra Anda? Simpan dulu tipe gaun yang memerlihatkan bra Anda di lemari ya.

     



    5. Tutup bahu Anda bila Perlu

    Jika upacara pernikahan dilangsungkan di rumah ibadat atau sebuah institusi tertentu, ada baiknya Anda siapkan selendang, jaket, atau syal untuk menutupi bahu dari backless dress yang Anda gunakan. Ini adalah satu-satunya cara agar Anda tidak risih dari tatapan-tatapan orang yang mengritik pilihan gaun Anda.

     

    6. Hindari Celana Kargo

    Jika Anda memilih untuk memakai celana, jangan kenakan celana dengan kantong kargo. You know it is wrong. Gunakan trousers atau pantsuit untuk terlihat lebih elegan.

     

    7. Jangan Lari dari Dress Code

    Baca situasi pesta pernikahan dengan mengenali aturan yang telah tertera dalam undangan. Ini bukan untuk Anda, melainkan untuk menghargai pasangan yang telah mengundang Anda.

     

    8. Busana Aksen Sobek, Bukan Untuk ke Pesta.

    Please, jangan pernah mengira nuansa busana ala Yeezy sesuai untuk pesta pernikahan yaa. Jika Anda ingin memerlihatkan kulit, pilih gaun dengan potongan cutout yang stylish. Itu pilihan yang masuk akal!

    (Image: Jozef Polc©123RF.com)