Better You

10 Hal Ini Bisa Bikin Miss Cheerful "Basah"

  by: Hana A. Devarianti       22/3/2018
  • Ladies, ada alasan mengapa Miss Cheerful tak kunjung "basah". Penyebabnya bisa karena stres, kurang foreplay, obat-obatan yang dikonsumsi, dan masih banyak lagi. Ketahuilah kalau Anda mengalaminya, Anda tidak sendiri karena berdasarkan studi ada setidaknya satu dari lima perempuan mengalami kondisi ini.


    Tak perlu juga merasa khawatir sebab ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini. Di sini, Cosmo sudah menemukan 10 hal yang bisa bikin Miss Cheerful "basah", mulai dari cara yang sederhana hingga yang perlu bantuan dokter ginekolog!




    1. Gunakan lubikran. Entah mengapa, meskipun sudah banyak yang menyarankan untuk menggunakan "alat" yang satu ini, masih saja ada wanita yang merasa enggan memakainya. It's okay untuk menggunakan lubrikan, ladies. Ada berbagai jenis lubrikan yang tersedia di luar sana, mulai dari yang water-based, vegan, silicone-based, dan yang lainnya. Tinggal pilih saja mana yang cocok buat Anda.


    2. Tapi, gunakan lubrikan yang tepat. Kalau si dia memakai kondom latex, Anda tidak bisa menggunakan lubrikan yang oil-base karena lubrikan jenis ini bisa merusak kondom latex. Sehingga, Anda harus menggunakan lubrikan yang berbahan water-based atau silicon-based. Beberapa jenis lubrikan mungkin juga dapat menimbulkan alergi pada tubuh. So, saran Cosmo, konsultasi lebih dulu saja ke dokter ginekolog untuk menemukan jenis lubrikan yang tepat.


    3. Foreplay, foreplay, foreplay. Tidak ada yang namanya terlalu banyak foreplay, darling. Dr. Rebecca Brightman, dokter ginekolog di New York mengatakan, "Jika tidak cukup 'pemanasan', seseorang pasti akan merasa agak kering." Jadi, mintalah perhatian lebih dari si dia untuk melakukan foreplay lebih lama. Tidak perlu malu, ladies. You deserve it!


    4. Coba biarkan rambut di bawah sana tumbuh. Brightman mengatakan rambut di area intim sebenarnya membuat Miss Cheerful tetap lemap. Beberapa wanita sering kali mengalami masalah 'kekeringan' setelah mencukur atau melakukan waxing pada area tersebut.


    5. Jika tetap ingin mencukur atau waxing, gunakan pelembap. Untuk pemakaiannya, jangan dimasukkan ke dalam Miss Cheerful ya. Tapi, atas rekomendasi Brightman, gunakanlah di kulit sekitar Miss Cheerful yang kering akibat dicukur atau waxing. Sebagai pelembapnya sendiri, Anda bisa menggunakan petroleum jelly.




    6. Tidak punya lubrikan? Anda bisa pakai ini. Brightman mengatakan kalau coconut oil, olive oil, dan vegetable oil aman digunakan sebagai lubrikan alami. Namun, "Kalau merasa tidak nyaman, sebaiknya jangan digunakan," tutur Brightman. "Tapi, Miss Cheerful punya caranya sendiri agar tetap bersih. Menurut saya lubrikan alami tersebut tidak akan mengubah pH Miss Cheerful, sehingga harusnya tidak masalah kalau mau menggunakannya."


    7. Ganti obat antialergi. Kebanyakan obat antialergi dan flu mengandung antihistamin yang dapat menyebabkan Miss Cheerful kering. Bicarakanlah pada dokter tentang hal ini agar Anda mengetahui pilihan obat yang tetap bisa mengatasi masalah alergi tetapi tidak bikin bak gurun sahara di bawah sana.


    8. Pertimbangkan krim hormon. Brightman mengatakan kalau wanita yang mendekati menopause atau wanita yang sedang menyusui sering kali membutuhkan bantuan 'ekstra' untuk mengatasi masalah Miss Cheerful kering. Dan, dokter mungkin akan merekomendasikan menggunakan krim estrogen kalau Anda yang mengalami kondisi tersebut.


    9. Periksa kondisi kulit. Masalah kulit seperti eksim dan psoriasis bisa terjadi di seluruh bagian tubuh Anda, tak terkecuali pada Miss Cheerful. Periksakan diri ke dokter ginekolog atau dokter kulit untuk mengetahui kondisi kulit Anda, serta untuk mendapatkan resep obat yang dibutuhkan. Saat menggunakan obat, Cosmo sangat menyarankan untuk mengikuti aturan dokter. Hindari menggunakan krim di area tubuh yang tak seharusnya, terlebih pada Miss Cheerful, tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.


    10. Kalau Miss Cheerful terasa gatal, terlihat merah, dan terdapat cairan yang tak seperti biasanya, segera periksakan diri ke dokter. Brightman menuturkan, infeksi jamur dapat menyebabkan Miss Cheerful kering, dan kalau itu yang jadi akar masalah kekeringan ini, Anda harus mengonsumsi obat untuk menyembuhkan infeksi. Beberapa obat ada yang dijual bebas tanpa memerlukan resep dokter, tapi tak ada salahnya juga untuk membuat janji dengan dokter ginelokog untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 


    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com. Alih bahasa: Hana Devarianti. Image: Stanislav Komogorov©123RF.com. Perubahan telah dilakukan oleh editor)