Better You

12 Tips Membersihkan Miss Cheerful yang Benar

  by: Hana A. Devarianti       27/3/2018
  • Anda pasti sudah tahu kan kalau menjaga kebersihan Miss Cheerful itu penting. Tapi, sudahkah Anda tahu bagaimana cara membersihkannya? Tak perlu khawatir kalau belum tahu cara melakukannya. Di sini, Cosmo sudah memberikan tips membersihkan Miss Cheerful yang benar!


    First, Kenali Dulu Miss Cheerful Anda



    Sedikit pelajaraan anatomi tubuh: kalau melihat Miss Cheerful di kaca (pasti Anda sudah pernah kan?), bagian yang terlihat oleh mata disebut dengan vulva. Labia majora, labia minora, dan "ujung" dari klitoris adalah bagian dari vulva. "Bukaan" dari Miss Cheerful serta lubang untuk buang air kecil juga dapat terlihat dengan mata telanjang.


    OK. Sekarang, Begini Aturan Membersihkan Miss Cheerful:


    #1. Bersihkan Vulva Layaknya Bagian Tubuh yang Lain

    Layaknya bagian tubuh yang lain, vulva Anda "dilindungi" oleh kulit. So, cara membersihkannya pun sama seperti bagian tubuh yang lain. Anda bisa menggunakan sabun, tapi berhati-hatilah ketika menggosok bagian tersebut. Kulit pada bagian tersebut sangat sensitif dan jika terlalu "bersemangat" menggosoknya, kulit bisa iritasi.


    #2. Bagian Dalam Miss Cheerful bisa Membersihkan Dirinya Sendiri

    Yup, itulah kehebatan dari organ wanita yang satu ini. Miss Cheerful bisa membersihkan bagian dalam tanpa membutuhkan bantuan Anda. Dengan kandungan pH yang rendah, bakteri pun sulit untuk berkembang dan Miss Cheerful pun mampu menjaga kebersihannya sendiri. No need to worry, darling!


    #3. Jangan Menggunakan Produk yang Mengandung Parfum

    Memang Miss Cheerful bisa membersihkan dirinya sendiri, tapi bukan berarti Anda boleh sembarangan dan cuek. Bagaimanapun juga kulit pada Miss Cheerful sangat sensitif. Jadi, hindari menggunakan produk yang mengadung parfum. Ini karena produk-produk tersebut bisa membuat kulit Miss Cheerful iritasi.

    Dan, ini tidak cuma berlaku buat sabun saja lho. Pembalut yang mengandung parfum atau detergen yang digunakan untuk mencuci celana dalam juga bisa menyebabkan iritasi pada Miss Cheerful.

    Lalu, bagaimana dengan produk "pewangi" yang mengklaim bisa membuat wangi Miss Cheerful bak bunga mawar? Well, rasanya Anda sudah tahu sendiri kan jawabannya?


    #4. Segera Ganti Celana Dalam Setelah Olahraga

    Cosmo tahu pakaian olahraga akhir-akhir ini sangat cute, sehingga Anda mungkin memutuskan untuk tetap mengenakannya sehabis nge-gym. Oh dear... Sayangnya kebiasaan yang satu ini memiliki dampak yang buruk buat Miss Cheerful. Bakteri akan tumbuh subur di tempat yang gelap dan lembap a.k.a di celana dalam yang basah karena keringat habis olahraga. Yikes!

    Mulai sekarang, berjanjilah pada diri sendiri untuk mandi setelah berolahraga. Atau paling tidak, ganti celana dalam Anda. Percaya deh, Miss Cheerful Anda akan berterima kasih!


    #5. Kenakan Celana Dalam Katun

    Untuk urusan celana dalam, celana dalam berbahan kantun adalah pilihan yang paling tepat untuk Miss Cheerful. Jika dibandingkan dengan bahan yang lain, katun jadi bahan yang bisa membuat Miss Cheerful "bernapas". Cosmo menyarankan Anda mengenakan celana dalam katun model classic briefs yang agak longgar untuk sehari-hari. Bagaimana dengan thong yang seksi? Simpan untuk acara-acara "spesial" bersama si dia saja, darling.


    #6. Buang Air Kecil Sebelum dan Setelah Seks

    Seks memang "dirty"... Dalam arti yang sebenarnya. Yup, saat beraksi bersama si dia tidak menutup kemungkinan Anda dan dia saling bertukar bakteri. Tapi, jangan buru-buru merasa jijik dulu. Solusi untuk mencegah hal ini simpel kok: buanglah air kecil sebelum dan setelah seks. Dengan begitu Anda akan "membuang" bakteri sebelum dan setelah melakukan seks. Hal ini juga bisa mencegah Anda terkena Infeksi Salurah Kemih (ISK).




    #7. Wipe Front to Back

    Hear hear, ladies cara yang benar ketika menyeka Miss Cheerful adalah menyekanya dari arah depan (Miss Cheerful) ke arah belakang (bokong). Kalau menyeka dengan arah sebaliknya, alias dari belakang ke depan, ada kemungkinan besar bakteri di bokong serta anus "berpindah" ke Miss Cheerful. Bakteri yang ada di anus sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah kalau tetap berada di anus. Tapi, lain soal kalau dia nyasar ke Miss Cheerful. Bakteri ini bisa menimbulkan infeksi dan iritasi pada organ kesayangan Anda.


    #8. Bijak Memilih Lubrikan dan Kondom

    Ada banyak pilihan lubrikan dan kondom di luar sana. Yang mana mungkin membuat Anda bingung memilihnya. Jangan merasa terintimidasi sampai-sampai enggan menggunakannya, dear. It's a BIG no, karena kondom bukan cuma mengurangi kemungkinan Anda untuk hamil tetapi juga mencegah terkena penyakit menular seksual. Sedangkan, lubrikan penting untuk Anda yang sering mengalami Miss Cheerful kering.

    Namun, Anda juga harus bijak memilih jenis lubrikan serta kondom. Beberapa jenis lubrikan dan kondom mungkin bisa menyebabkan alergi buat tubuh. So, bicarakan pada dokter soal opsi yang Anda miliki.


    #9. Juga Bijaklah Memilih Pembalut dan Tampon

    Anda harus teliti dengan bahan-bahan yang digunakan pada pembalut dan tampon. Sebuah penelitian dari George Washington University mengatakan kalau beberapa tampon memiliki kandungan kimia berbahaya phthalates yang dapat menganggu hormon tubuh.

    Saran Cosmo, pilih pembalut dan tampon yang organik dan tak berbau untuk menjaga kesehatan Miss Cheerful. Lalu, biasakan untuk mengganti pembalut setiap enam jam sekali. Sedangkan untuk tampon setiap empat jam sekali. Memakai pembalut dan tampon terlampau lama bisa menimbulkan bau tak sedap juga membuat Anda berisiko terkena infeksi Toxic Shock Syndrome.


    #10. Jangan Pernah Membersihkan Bagian Dalam Miss Cheerful dengan Bahan Kimia

    Apakah Anda pernah mendengar douche? Ini adalah salah satu metode membersihkan Miss Cheerful dengan menyemprot bahan kimia tertentu pada Miss Cheerful dengan klaim bisa membuat organ kesayangan Anda bersih. Well ladies, lupakan tentang klaim tersebut karena douche justru menyebabkan Miss Cheerful infeksi, menimbulkan masalah kehamilan, serta meningkatkan risiko kanker serviks.


    #11. Jaga Kebersihan Sex Toys

    Tidak lelah-lelahnya Cosmo mengingatkan Anda untuk membersihkan sex toys tiap kali sebelum menggunakannya. Karena memang hal ini penting! Lagi pula tidak sulit kok melakukannya, cukup dengan sabun yang lembut dan unscented serta air. Easy peasy!


    #12. Jangan Memasukkan Apapun yang Telah "Mampir" di Bokong ke Miss Cheerful

    Sama seperti menyeka Miss Cheerful dari arah depan ke belakang, Anda juga tidak boleh memasukkan benda apapun ke Miss Cheerful kalau benda tersebut sudah pernah masuk ke bokong sebelumnya. Ini termasuk jari, sex toys, dan Mr. Happy, lho. Bakteri yang ada di anus bisa berpindah ke Miss Cheerful Anda dan ini tentu dapat menyebabkan masalah yang tidak diinginkan.


    Ladies, itu dia 12 tips untuk membersihkan Miss Cheerful yang benar. Untuk menjaga kesehatan Miss Cheerful sepenuhnya, Cosmo juga sarankan Anda untuk rutin memeriksakan diri ke dokter ginekolog tiap setahun sekali, selain melakukan 12 tips yang ada di atas.


    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com. Alih bahasa: Hana Devarianti. Image: Viacheslav Iakobchuk©123RF.com. Perubahan telah dilakukan oleh editor)