Beauty

9 Penyebab Makeup Anda Tidak Bisa Tahan Seharian

  by: Silvya Winny       28/3/2018
  • Jika makeup yang Anda pakai dari jam 7 pagi mulai perlahan mulai memudar dan membuat kulit terlihat berminyak di jam 2 siang, tandanya Anda perlu baca artikel ini sampai habis. Cosmo akan mengupas lebih dalam penyebab kenapa makeup Anda tidak awet dipakai seharian.

    1. Anda suka menyentuh wajah Anda
    Anda tahu kalau sering menyentuh rambut akan membuatnya berminyak, lalu mengapa Anda memangku wajah di tangan saat membaca artikel ini? Temperatur hangat tangan plus sentuhan yang konstan dapat merusak makeup Anda, lho. Belum lagi penyebaran kuman dari tangan yang mengakibatkan jerawat!

    2. Anda tidak blotting


    Minyak berlebih biasanya menjadi alasan utama untuk riasan Anda pudar. Jika kulit Anda cenderung berminyak, kurang lebih Cosmo tahu perasaan Anda saat bercermin di pukul 3 sore (alias penuh dengan minyak). Mengaplikasikan bedak di atas kulit berminyak justru memperburuk kualitas riasan setelahnya, oleh sebab itu penting untuk siap sedia blotting powder di dalam makeup pouch Anda.

    Jika Anda selalu mengandalkan kertas minyak, mungkin Anda bisa beralih ke ke blotting cushion dari Beautyblender yang mampu menjangkau sudut kontor wajah dan menyerap kelebihan minyak dan keringat sekaligus.

    3. Terlalu banyak pakai produk
    Jika Anda mengaplikasikan pelembap dan foundation dalam 5 menit, tak heran jika riasan Anda cepat luntur. Seharusnya, berikan waktu pelembap untuk meresap lebih lama di kulit sebelum menimpanya lagi dengan foundation.

    4. Mungkin foundation Anda salah?
    Sebagai beauty editor, Cosmo pastinya sering mencoba banyak jenis foundation. Nah, bagaimana indikasi yang paling kentara jika foundation bukan untuk kulit Anda? Jika belum sampai tengah hari ia mulai terlihat retak atau berminyak, maka itu bukan yang tepat untuk Anda. Jika kulit berminyak, temukan foundation dengan bahan dasar air (water based) atau yang berformula oil-free.

    5. Tekanan saat aplikasi foundation




    Ya, tekanan saat mengaplikasikan foundation sangat menolong untuk menjaga ketahanannya. Jika Anda pengguna setia Beautyblender, aplikasikan dengan menepuk-nepuk dengan tekanan ekstra supaya foundation bisa “mendarat” dengan sempurna di wajah.

    6. Anda tidak pakai primer
    Menambah penggunaan primer dalam rangkaian dandan Anda membantu foundation lebih tahan lama di kulit. Jika belum punya, Cosmo sarankan untuk memilikinya sekarang juga.

    7. Mungkin Anda tidak memakai setting spray?




    Setting spray kesannya seperti sebuah gimmick pelengkap makeup yaa, tapi jangan salah, semprotan air ini di akhir rutinitas dandan dapat mengunci seluruh makeup yang menempel di wajah terutama yang berbahan powder. Plus memberi hasil akhir makeup yang matte.

    8. Anda tidak pakai powder
    Jika Anda ingin foundation lebih tahan lama, pastikan untuk selalu menguncinya dengan bedak tabur (daripada bedak compact). Makeup apapun yang berbahan dasar liquid harus “dikunci” agar tidak cepat pudar.

    9. Anda touch up dengan powder brush
    Mengkilapnya wajah Anda disebabkan karena adanya penumpukan sebum dan minyak, nah melakukan touch up dengan powder brush akan menggeser semua riasan yang ada. Tips dari Jeffree Star mungkin bisa Anda tiru yakni dengan menepuk-nepuk spons (Beautyblender) ke wajah yang tekanannya tidak akan menggeser makeup sekalipun. Kalau sudah, inilah saatnya mengaplikasikan kembali bedak di wajah.

    (Image: gekaskr©123RF.com)