Lifestyle

Menurut Riset, Ini Kota Untuk Tinggal Termahal di Dunia

  by: Alvin Yoga       28/3/2018
  • Berdasarkan riset yang dikeluarkan oleh Economist Intelligence Unit - sebuah grup ekonomi dan bisnis asal Inggris yang menerbitkan riset dan studi soal ekonomi, Singapura (lagi-lagi) terpilih menjadi kota sebagai tempat untuk tinggal termahal di dunia. Tak terlalu mengagetkan sebetulnya, karena ini adalah kali kelima Singapura memegang prestasi tersebut dalam lima tahun berturut-turut.

    Nah, yang mengejutkan, kota-kota di Amerika Serikat seperti New York, Los Angeles, dan lainnya tidak termasuk dalam peringkat sepuluh teratas. Bahkan, London dengan nilai mata uangnya yang tinggi pun, tidak masuk dalam 10 teratas. Berikut ini adalah urutan sepuluh negara teratas (Paris dan Zurich menempati peringkat yang sama, begitu juga Seoul dan Genewa):

    1. Singapura, Singapura



    2. Paris, Prancis

    3. Zurich, Swiss

    4. Hong Kong, Hong Kong

    5. Oslo, Norwegia

    6. Genewa, Swiss

    7. Seoul, Korea Selatan



    8. Kopenhagen, Denmark

    9.Tel Aviv, Israel

    10. Sydney, Australia


    Peringkat tersebut ditentukan berdasarkan harga jual dari 160 kategori produk dan jasa, termasuk di antaranya adalah roti, bahan bakar, wine, pakaian, personal care, biaya sewa rumah, biaya transportasi, biaya sekolah, biaya rekreasi, serta domestic help. Tak hanya itu, nilai mata uang dari masing-masing negara pun diperhitungkan. Hmm, kali berikutnya teman Anda komplain soal biaya sewa apartemen yang tinggi di Amerika Serikat, ingatkan dia bahwa biaya hidup Singapura masih lebih mahal.

    (Alvin Yoga / SW / Image: maridav©123RF.com)