Better You

Eits, Jangan Lakukan Ini Saat Datang Pameran Seni!

  by: Hana A. Devarianti       6/3/2019
  • Berniat untuk datang pameran seni atau art experience? Cosmo ingin berbagi saja, ternyata ada lho etika saat menyambangi pameran seni. Agar kunjungan kamu nanti makin berkesan, yuk simak do's and don'ts-nya.

     



    Don'ts: Menyentuh Karya

    Girls, aturan pertama datang ke pameran seni adalah jangan menyentuh karya. Cara menikmati karya yang ada di pameran seni memang dengan memandanginya saja. Ada sih beberapa karya instalasi yang sifatnya interaktif, tetapi inipun biasanya sudah ada instruksi khusus bagaimana cara menikmatinya. So, don't touch the artworks!

     

    Do's: Mencari Tahu Makna Karya

    Harus diakui kadang sulit memahami karya yang ada di pameran. It's okay darling, Cosmo juga kadang tidak paham kok. Sering kali karya baru bisa dipahami ketika kamu membaca curator's note atau saat membaca penjelasan karya di booklet pameran. Jadi, jangan ragu untuk meminta booklet kepada petugas pameran. Dengan memahami makna karya, kunjungan kamu ke pameran pun pasti lebih “membekas”.


    Don'ts: Membawa Makanan dan Minuman

    Datang ke pameran yang kotor karena ada sampah makanan dan minuman sembarangan adalah nightmare. Belum lagi kalau makanan dan minuman tidak sengaja mengotori karya. Oh, no! Pasti jadi tidak nyaman rasanya. Itulah yang menjadi alasan mengapa pameran biasanya tidak membolehkan para pengunjung untuk membawa makanan dan minuman.

     

    Do's: Membawa Teman

    Membawa teman? Tentu saja boleh! Berbagi pengalaman datang ke pameran seni dengan orang tersayang pasti lebih seru. Psst, datang ke pameran seni juga bisa ide kencan unik dan tidak membosankan bersama si dia, lho.

     

    Don'ts: Berfoto Berlebihan dengan Karya

    Tidak ada salahnya foto bersama atau selfie dengan karya. Namun, rasanya tidak perlu sampai berlebihan. Misalnya, foto terlalu dekat dengan karya atau malah memindahkan karya supaya hasil foto kamu terlihat lebih Instagramable. Please deh! Ini berarti Anda tidak menghargai karya seni yang sudah dibuat oleh seniman, darling.

     

    Do's: Ngobrol dengan Sang Seniman

    Saat datang pameran kamu bertemu dengan sang seniman? How lucky! Ajak saja sang seniman untuk ngobrol soal karya-karya yang ada di pameran. Tidak perlu malu, girls - sang seniman pasti mengapresiasi rasa ingin tahumu! Beberapa pameran juga sering mengadakan acara artist talk, di mana kamu bukan cuma bisa berdiskusi tetapi juga tour pameran bersama sang seniman. So fun, right?


    Pada tanggal 6-17 Maret 2019, Pantene sedang mengadakan Perfec+on Art Experience, sebuah pameran instalasi seni dan multisensori yang menampilkan 10 karya seniman ternama Indonesia! Kunjungi Pacific Place Mall (North Wing lantai 3) untuk melihat berbagai instalasi keren oleh 10 seniman berikut:



    Antonio S Sinaga

    Kezia Karin

    Meliantha Muliawan

    Muklay

    Nicoline Patricia Malina

    Patricia Untario

    Rinaldy A Yunardi

    Ronald Apriyan

    Tex Saverio x Arkiv Vilmansa

    Theresia A Sitompul


    We'll see you there, girls!


    (Image: doc. Samuel Zeller / unsplash.com)