Lifestyle

Tak Diduga, Ini 7 Manfaat Anggur Merah untuk Kesehatan

  by: Kezia Calesta       2/3/2019
  • It’s wine o’clock! Apakah kamu percaya bahwa anggur merah memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuhmu? Menurut ahli kesehatan Gabby Geerts, minuman ini mengandung antioksidan, khususnya polyphenol yang telah dibuktikan bisa menyehatkan jantung dan tekanan darah. 





    Namun ingat, untuk mendapat manfaat baik dari anggur merah, kamu perlu memerhatikan takaran dan tidak meminum wine secara berlebihan! Berikut adalah manfaat unik dari anggur merah untuk kesehatan tubuhmu.


    1. Mencegah rongga gigi

    Sebuah riset oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry pada tahun 2014 membuktikan bahwa anggur merah (termasuk yang non-alkohol) dapat membunuh lebih banyak bakteri dalam mulut dibanding air yang dicampur dengan alkohol.


    2. Menurunkan risiko depresi

    Meminum alkohol secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh dan mental. But guess what? Menurut sebuah studi oleh BMC Medicine pada tahun 2013, 2-7 gelas anggur merah dalam seminggu (dengan takaran 150 ml per gelas) dapat menurunkan stres dan depresi. 



    3. Mengontrol alergi

    Hm, bagaimana bisa? Berdasarkan 80 studi yang dipublikasikan oleh journal berjudul Diseases, riset menunjukkan bahwa antioksidan bernama flavonoid yang ditemukan dalam anggur merah bisa mengurangi gejala alergi dan asma. Wow.


    4. Menguatkan tulang

    Semakin bertambah umur, semakin lemah dan rapuh tulangmu. Kamu bisa menaikkan konsumsi kalsium dengan meminum susu setiap hari, dan juga menikmati segelas wine! Anggur merah mengandung kadar silikon tinggi yang baik untuk kepadatan mineral tulang dan menurunkan risiko osteoporosis. Ditambah lagi, kamu jadi bisa tidur dengan lebih nyenyak, kan?





    5. Menurunkan risiko stroke

    Alkohol dapat mencegah penggumpalan di darah, khususnya anggur merah yang mengandung phenol dan resveratrol. Sebuah studi oleh John Hopkins University Medical Center membuktikan bahwa resveratrol dalam kulit anggur merah bisa mencegah stroke. Namun ingat, konsumsi alkohol yang berlebihan malah bisa menaikkan risiko sakit jantung. 


    6. Menurunkan kolestrol

    Yup, anggur merah mengandung procyanidin yang bisa menyehatkan jantung dan menurunkan kolestrol. Reservatrol dalam anggur merah juga bisa menurunkan LDL (kolestrol jahat) dan menaikkan kadar HDL (kolestrol baik). So, ini artinya wine bisa menyehatkan tekanan darah! Bila kamu mengalami gejala kolestrol tinggi, minumlah satu gelas anggur merah setiap dua hari.



    7. Memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer’s dan Parkinson’s

    Sebuah riset unik pada tahun 2017 menunjukkan bahwa metabolit usus yang mengandung anggur merah dapat memperlambat kematian sel otak. Can you believe it?


    (Image: doc. serezniy©123RF.com)