Lifestyle

Cara Ampuh Kecilkan Paha dengan Cepat

  by: Kezia Calesta       3/3/2019
  • Girls, apakah resolusi tahun 2019 kamu adalah memiliki kaki yang lebih kencang, slim dan toned? Selain menjalankan lifestyle yang positif dan mengurangi makanan bergula atau junk food, kamu juga bisa mempraktikkan 6 cara ampuh ini untuk mengecilkan paha dan mengencangkan otot kaki dengan cepat. It's leg day, so werk it!





    1. Berjalan di pantai

    Bila kamu sedang berlibur di dekat pantai (atau tinggal di daerah pantai, lucky you), kamu juga bisa berolahraga dengan berjalan atau jogging di pantai selama 20 menit saja. Apakah kamu tahu bahwa jogging adalah salah satu olahraga kardio yang paling efektif untuk membakar kalori? Berjalan di pasir memang lebih berat dan sulit ketimbang berjalan di jalan raya, dan ternyata aktivitas tersebut juga dapat membantu mengencangkan otot paha. So, double burn!


    2. Naik tangga

    Berlari memang bisa membakar sekitar 590 kalori per jam, namun menaiki tangga merupakan olahraga yang jauh lebih efektif untuk otot paha secara spesifik. Why? Well, setiap langkah yang kamu ambil saat menaiki tangga akan mendorong otot paha untuk bekerja lebih keras, so it’s time to skip the elevator. Gunakan tangga dan abaikan lift atau eskalator jika destinasi kamu tidak terlalu jauh! Kantormu berada di lantai 20? Kamu bisa menaiki 5 lantai (atau lebih!) sebelum berpindah ke lift. Remember, no pain, no gain.



    3. Lakukan squat setiap hari

    Yes, this simple move does wonders! Saat dipraktikkan setiap hari (mulailah dengan 50 squat per hari), squat dapat membakar kalori, mengencangkan otot paha dan kaki, dan membentuk bokong menjadi H-O-T! Bagian terbaiknya adalah, kamu bisa melakukan squat dimanapun: di rumah, gym, kantor, bahkan kamar mandi. Nah, untuk menjadikan olahraga squat sebuah rutinitas, kamu bisa mengunduh aplikasi 30-Day-Squats Challenge di smartphone agar kamu tidak lupa mempraktikkannya setiap hari. Oh ya, berikut adalah 8 aplikasi olahraga lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mengabulkan resolusi badan fit pada tahun 2019.




    4. Ikuti kelas spinning

    Apakah kamu aktif nge-gym? Girl, jangan sia-siakan membership kamu dan ikuti kelas spinning atau RPM jika kamu ingin mengencangkan paha. RPM alias Rapid Power Motion adalah kelas indoor cycling di mana kamu membakar lemak dan kalori dengan cara mengayuh sepeda statis, ditemani dengan playlist lagu upbeat yang seru. Selain merampingkan kaki dan menurunkan berat badan, kelas RPM juga bisa meningkatkan metabolism tubuh dan mendukung kesehatan jantung. Sering merasa sakit saat bersepeda? Berikut tips Cosmo agar sesi spinning menjadi nyaman dan efektif.


    5. Menari

    Mengapa penari selalu memiliki kaki yang kencang dan toned? “Menari merupakan olahraga kardio dengan berbagai gerakan toning yang efektif dalam membentuk kaki,” ungkap trainer Lyuda Bouzinova. Selain itu, aktivitas menari juga bisa menguatkan tulang, menurunkan risiko osteoporosis, meningkatkan fleksibilitas tubuh, dan menyehatkan kondisi jantung dan paru-paru. So, jika kelas RPM tidak cocok denganmu, ikuti kelas Zumba atau modern dance dua kali dalam seminggu untuk mendapat kaki seksi impianmu!

    6. Lakukan latihan ketahanan

    Girls, saatnya melakukan berbagai aktivitas tubuh yang mengecangkan otot selama setidaknya dua kali seminggu! Praktikkan latihan ketahanan tubuh dengan olahraga lower-body yang sederhana seperti lungeswall sits, dan step-ups untuk membakar kalori dan menurunkan kadar lemak. Untuk setiap gerakan, lakukan 3 set (15 kali/set) setiap hari agar olahraga tersebut efektif mengecilkan paha. Berikut adalah expert tips lainnya untuk membentuk bokong dan paha!


    (Image: doc. freepik.com)