Better You

Tak Harus Pria, Perempuan Juga Bisa Melakukan Ini!

  by: Nadhifa Arundati       3/3/2019
  • Terkadang perempuan selalu punya batasan tersendiri, tak seperti pria yang ‘hampir’ bebas melakukan apa saja – hal ini terdorong karena adanya budaya tentang perempuan yang harus bersikap lebih sekadarnya. Well, but it’s 2019, baby! Sebenarnya, perempuan saat ini bisa lebih dominan dalam melakukan segala hal – meski memang masih ada beberapa orang yang tak setuju dengan stigma tersebut. So, langsung saja simak beberapa hal yang menurut Cosmo bisa perempuan lakukan, tak harus pria saja!


    Mengirim pesan duluan kepada si gebetan

    Ugh, kamu kelamaan menunggu pesan dari si dia, sampai akhirnya bikin kamu kepikiran (all day long). Sebenarnya gampang, cukup kurangi saja rasa gengsi kamu itu – banyak perempuan yang selalu bilang, “Harusnya pria dong yang mengirim pesan duluan!” Gurl, you’re so last year. Cosmo yakin gebetan kamu juga enggak bakal langsung ilfil perkara kamu duluan yang memberikan pesan, malah siapa tahu sebenarnya dia mengharapkannya. Kalau kamu merasa rindu dan membutuhkannya, why not?




    Terus berkarir meski sudah memiliki pasangan

    Hmm... Sebenarnya hal ini bergantung pada diri kamu sendiri. Kalau kamu memutuskan untuk menjadi wanita karir meski sudah mulai membangun kehidupan yang baru dengan pasangan, ini bukan menjadi masalah. Tetapi akan menjadi masalah kalau pasangan kamu yang melarangnya dengan alasan, “Kamu harus tetap mengurus aku!” Well, mimpi kamu jadi kandas begitu saja. Cosmo cuma mau bilang: seberapa penting mimpi kamu? Dan apakah mimpi kamu dapat terhalang begitu saja hanya karena seorang pria? Well gurl, you need pride.


    Pay the bills

    Yes, ini adalah hal yang lumrah untuk dilakukan. Contoh: kamu pergi dinner dengan pasangan – tak selamanya si dia yang harus membayar tagihan, kalian bisa saling bergantian. Bukan berarti pasangan kamu kere, tetapi si dia juga bukan ATM berjalan yang setiap kali pergi harus membayar keperluan kamu. No, you cannot be like that. Semisalkan kamu sudah berkeluarga, tak masalah kok kalau kamu yang membayar beberapa tagihan – again and again, kalian harus saling bertukar peran perihal pembayaran. It’s not a one man show.




    Menjadi pemimpin dalam suatu organisasi

    Memang di era seperti sekarang ini sudah mulai terlihat sosok perempuan yang menjadi pemimpin (girl power!). Tetapi Cosmo yakin, dalam suatu lingkungan tertentu, ini masih menjadi hal yang tabu. “Kalau bisa pemimpin itu pria, supaya lebih tegas!” Yes, they often says that. Sebenarnya bukan masalah tegas atau tidak, tetapi tentang bagaimana seseorang dapat menyelesaikan masalah dengan baik. So, jangan takut dengan perkataan tersebut, you can do it, gurl. Tunjukan kalau kamu adalah pemimpin yang jauh lebih baik!


    Menyatakan perasaan!

    Feelings alert. Bagi kamu, menyatakan perasaan kepada pria adalah hal yang paling menakutkan – bahkan jauh lebih menakutkan dibanding menonton film Hereditary (2018) sendirian. Darl, kamu tak bisa terus seperti ini. Cosmo tahu kalau kamu takut dengan penolakan yang mungkin akan terjadi – tetapi itu-lah tantangannya. Banyak orang yang memilih untuk diam, namun beberapa lama kemudian ia menyesal karena sudah tak memiliki kesempatan untuk menyatakannya. So, kamu masih punya banyak waktu, ladies, coba pergunakan. Percayalah, pria akan jauh lebih mengapresiasi kejujuran kamu – bisa saja si dia adalah pria pemalu, jadi saat kamu mengutarakan, dia ternyata juga memiliki perasaan yang sama! Yes, tak selamanya harus pria yang melakukan pergerakan terlebih dahulu.


    Dengan melakukan hal ini, hidup kamu bakal jadi lebih simple. Less drama, more confidence!


    (Image: Doc. Outnow.ch)