Better You

8 Makanan Ini Efektif untuk Meredakan Stres!

  by: Giovani Untari       7/3/2019
  • Girls, selalu ada acara untuk membuat hidupmu lebih bahagia. Termasuk dalam urusan meredakan stres. Sulit dipungkiri memang jika stres telah menjadi salah satu hal yang kerap dirasakan banyak orang. Untuk itu sejumlah cara pun ditempuh untuk meminimalisir perasan yang satu ini, salah satunya melalui makanan. Pemilihan makanan yang baik dan tepat dapat membuat kamu terhindar dari stres dan bahkan mengurangi gejalanya. Great! Apa saja makanan yang efektif untuk meredakan stres? Please take your notes, here’s the list:

    1. Dark Chocolate

    Dark chocolate telah lama dikenal dengan khasiatnya untuk urusan kesehatan. Kandungan polifenol di dalam dark chocolate mampu menekan hormon stres, menurunkan dan menstabilkan tekanan darah, serta membuat aliran darahmu menjadi lebih rileks. For the best choice, sebaiknya kamu memilih dark chocolate dengan kandungan cocoa di atas 70% ya, girls!




    2. Oatmeal


    Saat kamu stres umumnya kadar gula dalam darah akan meningkat. Hal ini justru menyebabkan kamu terkadang menjadi lebih impulsif dalam urusan makan. Untuk itu oatmeal dapat menjadi opsi yang menyehatkan sebagai makanan pereda stres kamu. Selain menjadi karbohidrat kompleks yang membuat kamu kenyang lebih lama. Oatmeal juga membuat perasaan comfort yang berpengaruh pada sel otak untuk meredakan stres.


    3. Alpukat

    Calling all avocado lovers! Buah satu ini tidak hanya dikenal enak tetapi juga baik bagi untuk meredakan stresmu. Mengonsumsi setengah buah alpukat saat makan siang mampu membuat perasaan anxiety-mu menjadi lebih baik dan bahkan mencegahnya datang kembali. Buah ini juga memberi rasa kenyang dan menstabilkan gula darah sehingga rasa stresmu dapat menjadi lebih terkontrol. Enak dan sehat, win-win solution!


    4. Salmon


    Yes, salmon kaya akan kandungan Omega 3 serta DHA yang baik untuk meredakan stres di dalam tubuhmu. “Omega 3 dalam salmon mampu berperan sebagai agen anti peradangan yang mampu mereduksi efek negatif dari hormon stres Anda,” ujar Lisa Cimperman, RD, dari University Hospitals Case Medical Center. Sebuah studi yang berjudul Brain, Behavior, and Immunity menjelaskan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen Omega 3 selama 12 minggu mampu mengurangi rasa anxiety-nya hingga 20%. Jadi tidak ada salahnya bukan untuk menambah asupan salmon ke dalam menu makananmu mulai sekarang.


    5. Sayuran Hijau

    Sayuran hijau seperti bayam, kale, bok choy dapat menjadi opsi berikutnya untuk meredakan stres. Sayuran hijau memiliki sejumlah manfaat di antaranya kaya akan folat yang dapat menjadi stres-fighting. Kandungan folat dalam beberapa sayuran hijau mampu memproduksi dopamine dan serotonin yang sangat penting bagi sistem saraf lantaran dikenal sebagai “happy brain chemicals”. Noted!




    6. Yogurt

    Bakteri yang ada di dalam perutmu juga dapat memicu terjadinya stres lho, girls! Sehingga tak jarang pula saat kamu stres, area perut dan pencernaanmu umumnya juga ikut terganggu. Pemilihan makanan yang sehat dan baik bagi pencernaan jelas tak boleh luput dari perhatianmu saat kamu sedang merasa stres. Kamu bisa mencegahnya dengan rajin mengonsumsi yogurt, girl. Sebuah studi yang dilakukan oleh UCLA di tahun 2013 pada 36 perempuan sehat menyebutkan bahwa mengonsumsi yogurt secara teratur membuat mereka mampu meng-handle emosi dan juga stres ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi yogurt sama sekali. Plus, yogurt juga kaya akan kalsium, protein, dan probiotik yang baik untuk kesehatan (dan pastinya rencana diet-mu.).


    7. Kacang-kacangan


    Kacang-kacangan mengandung zinc, yang mana merupakan mineral paling esensial untuk meredakan rasa anxiety berlebih. Zinc sendiri mampu memengaruhi sistem di otak serta tubuh agar mengurangi perasaan stres. Selain itu kacang-kacangan seperti almond, kacang mede, serta walnut juga diperkaya magnesium yang mampu menekan hormon stres. Perfect snack!


    8. Blueberry

    Meski kecil namun blueberry menyimpan manfaat besar untuk membantumu mengurangi stres. Manfaat dari blueberry sendiri buah ini kaya akan anti oksidan dan vitamin C yang baik untuk kemampuan imun tubuh dan meregenerasi sel-sel saat kamu stres. A mood boaster!


    Images: Dok. Irina Iriser for Unsplash.com, Brenda Godine for Unsplash.com, Toa Heftiba for Unsplash.com.