Career

Cara Menghilangkan Stres di Kantor agar Kembali Semangat

  by: Alvin Yoga       13/3/2019
  • Mulai dari perjalanan yang panjang menuju kantor, e-mail yang tiada habis, revisi yang bertumpuk, sampai deadline yang terus mengejar-ngejar - kali berikutnya kamu menengok jam, kamu sudah melewatkan waktu makan siang (lagi). Duuuh, kesal!

    Well, enggak ada yang bilang kalau bekerja di kantor itu mudah dan bebas-stres, tapi jika kali ini kamu merasa begitu frustasi atau kelelahan di kantor, saatnya mengambil nafas sejenak dan ambil waktu untuk beristirahat. Ingat, stres di tempat kerja bisa mengurangi produktivitasmu di kantor, belum lagi hal tersebut juga berpengaruh buruk pada kondisi fisik dan kesehatan mental. Uh-oh! Berikut ini adalah cara-cara untuk menghilangkan stres di kantor agar kamu kembali semangat dan produktif. Check 'em out!




    1. Ambil nafas

    Ambil nafas panjang, lalu buang perlahan-lahan. Lakukan beberapa kali untuk membantu mengurangi tekanan yang kamu hadapi, serta melonggarkan pundak dan leher yang kaku, dan mengurangi stres. Hal tersebut terjadi karena ketika kamu mengambil nafas dalam-dalam, paru-paru terbuka dengan lebar dan pikiran menjadi lebih tenang. Bernafas secara perlahan-lahan juga meningkatkan tingkat oksigen yang naik ke otak dan menurunkan tekanan jantung, membuatmu lebih kalem serta berpikir lebih baik.


    2. Jangan minum kopi

    Tentu tidak masalah jika kamu meminum segelas kafein setelah menikmati sarapan di pagi hari. Tapi minum bergelas-gelas kopi sepanjang hari tidak baik untukmu - studi menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan rasa gelisah secara alami karena meningkatkan detak jantung. Dibanding mengisi gelas kopimu berulang kali, coba nikmati seporsi teh hijau, yang kandungan kafeinnya hanya setengah dari segelas americano. Teh hijau juga mengandung theanine, asam amino yang membantu menurunkan rasa tegang.


    3. Menonton meme atau video-video binatang yang lucu

    Tertawa adalah salah satu cara terbaik untuk relaksasi. Tahukah kamu bahwa tertawa juga membuatmu menghirup lebih banyak oksigen, yang tentu saja baik untuk merelaksasi otot dan melepaskan hormon endorfin serta mengurangi hormon penyebab stres seperti kortisol dan adrenalin. Dibanding freaking out mengejar deadline yang sepertinya tak ada habisnya, gunakan beberapa menit untuk beristirahat sembari menonton video-video lucu di YouTube atau lihat video-video binatang lucu di Instagram.




    4. Mendengarkan musik

    Mendengarkan musik bisa membuat pikiranmu lebih tenang serta menurunkan level stres. Jadi, ambil headphone-mu dari dalam tas dan putar playlist kesayangan dari smartphone-mu. Musik instrumental dengan beat yang pelan bisa membuatmu relaks lebih mudah dan mengurangi tingkat kortisol dalam tubuh. Penggemar lagu EDM? Hey, tak jadi masalah. Musik yang upbeat bisa membantu membuatmu lebih berenergi.


    5. Mengobrol dengan sahabat

    Take your time. Saatnya melihat kembali situasimu saat ini dan putuskan apa langkah terbaik yang harus kamu ambil, dengan begitu kamu tak perlu panik atau bingung menghadapi setumpuk pekerjaan yang belum selesai. Berbicara selama beberapa waktu dengan teman baik (untuk meminta saran atau, well, sekadar bergosip) tak jadi masalah. Mendengar perspektif dari orang lain akan sangat membantu jika kamu sedang stres.


    6. Berjalan-jalan di sekitar kantor

    Beranjak sejenak untuk mengisi air di gelas, atau bermain ke meja rekan kantor akan membantu membersihkan pikiran dari hal-hal yang tidak penting. Hal ini juga membuat peredaran darahmu berjalan lebih lancar, setelah sekian lama duduk di tempat yang sama. Tak cuma itu, kegiatan kecil ini juga membantu melepas hormon endorfin yang bisa meningkatkan mood secara instan. Tak punya waktu untuk berkeliling? Well, simply stretching on your sit or table. Regangkan punggung, bahu, dan kakimu untuk menurunkan rasa tegang dan mengurangi stres. Yes, time to finish that deadline!


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Crew on Unsplash)